6 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda menyukai makanan pedas ?  mungkin setiap orang memiliki jawaban yang berbeda karena seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua orang suka akan makanan pedas. Sensasi rasa panas yang menusuk dilidah memang membuat siapa saja akan merasa kapok untuk mengkonsumsi makanan pedas, tetapi bagi para pecinta makanan pedas hal ini justru sangat mengoda dan menggugah selera makan.

Manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh

Nah, ternyata makanan pedas tidak hanya membagkitkan selera maka saja tetapi juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Tidak percaya ? silahkan simak tulisan dibawah ini mengenai 6 manfaat makanan pedas bagi kesehatan.

1. Menurunkan Berat Badan
Manfaat yang pertama dari makanan pedas adalah bisa menurunkan berat badan. Nah, bagi Anda yang ingin selalu langsing meskipun banyak makan maka mengkonsumsi makanan pedas dan bercabai bisa menjadi alternatif. Seperti yang kita ketahui bahwa cabai mengandung capsaicin yang dapat membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori sehingga tubuh tidak menjadi gemuk dan tetap langsing ideal.

2. Menyehatkan Jantung
Jantugn merupakan salah satu organ tubuh yang harus benar-benar dijaga kesehatannya karena apabila mengalami gangguan sedikit saja maka bisa membahayakan nyawa kita. Biasanya untuk menjaga kesehatan jantung, banyak orang yang menganjurkan untuk rajin berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat. Nah, selain itu ternyata hal sepele seperti mengkonsumsi makanan pedas juga bisa membuat jantung Anda tetap sehat karena efek dari capsaicin didalam cabai mampu melawan kolesterol jahat didalam tubuh.
Baca Juga : 5 Tanda-Tanda Kadar Kolesterol Anda Tinggi

3. Mencegah Kanker
Penyakit kanker sampai saat ini belum ada obatnya sehingga sangat mematikan dan paling ditakuti didunia. Nah, ternyata untuk mencegah penyakit mematikan ini sangatlah sederhana yaitu hanya dengan mengkonsumsi makanan pedas saja maka tubuh sudah terlindungi dari penyakit ini. Kandungan capsaicin yang terdapat pada cabe juga bisa melawan sel kanker dan membunuhnya, selain itu rempah-rempah lainnya yang terdapat didalam makanan pedas seperti kunyit dan lada hitam juga mempunyai efek yang sama sehingga membuat sistem pertahanan tubuh menjadi kebal.

4. Menurunkan tekanan darah
Bagi Anda yang tekanan darahnya tinggi maka cobalah untukmengkonsumsi makanan pedas karena hal ini bisa membantu untuk menurunkan  tekanan darah yang tinggi. Selain itu, makanan pedas juga bisa membuat aliran darah menjadi lancar sehingga tubuh kita menjadi sehat dan bugar.

5. Memperbaiki Mood
Makana pedas juga bisa menjadi mood booster sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika Anda sedang badmood. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan pedas maka hormon yang bertugas membuat perasaan bahagia seperti serotonin jadi meningkat sehingga tak heran jika sesudah mengkonsumsi makanan pedas maka perasaan kita akan bahagia dan meringankan depresi serta stres.

6. Mencegah Parkinson
Penyakit parkinosn juga merupakan penyakit yang paling ditakuti karena membuat penderitanya sangat mederita. Nah, ternyata mengkonsumsi makanan pedas setidaknya dua kali dalam seminggu bisa menghindari kita dari penyakit ini. Menurut penelitian, kandungan yang terdapat di lada hitam mampu mencegah terjadinya kerusakan syaraf.

Itulah manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Namun meskipun memiliki efek menyehatkan tetapi jangan dikonsumsi berlebihan ya ladies karena sesuatu yang berlebihan itu sungguh tidak baik. Baca Juga : Cara Mudah Menghilangkan Rasa Pedas Di Mulut Dengan Cepat