Daftar Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi

Daftar Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi


Untuk setiap orang yang baru selesai operasi pasti akan meninggalkan bekas luka. Bekas luka tersebut biasanya juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya sehingga sangat penting mengetahui daftar makanan yang bisa mempercepat penyembuhan luka operasi.

Sembuhnya luka juga tergantung setiap orang, dalam kondisi normal luka setelah operasi akan sembuh dalam waktu 6 minggu. Sedangkan untuk beberapa orang yang memiliki penyakit gula, kencing manis akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Untuk mempercepat penyembuhan luka operasi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Dengan beberapa daftar makanan yang harus dikonsumsi selama proses penyembuhan luka setelah operasi tersebut.

Kebanyakan makanan yang dapat mempercepat penyembuhan merupakanan makanan yang memiliki kandungan vitamin A, C, zinc dan flavonoid. Zat-zat tersebut sangat baik dalam membantu proses penyembuhan luka, dapat membentuk jaringan ikat dan mampu menunjang penyembuhan luka.

Makanan yang mengandung zinc sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena zinc sendiri merupakan mineral dan tidak semua makanan mengandung zinc. Zinc juga mengandung komponen enzim yang dapat membantu proses penyembuhan luka.

Daftar makanan yang bisa mempercepat penyembuhan luka operasi:

 1. Blueberry
 2. Teh hijau
 3. Cokelat
 4. Brokoli
 5. Paprika
 6. Bayam
 7. Wortel
 8. Cabai merah
 9. Sereal
10.Hati sapi
11.Olahan susu
12.Dark chocolate
13.Kepiting
14.Jamur
15.Tiram
16.Daging merah
17.Ikan gabus

Untuk buah-buahan dan sayuran masuk dalam daftar makanan yang bisa mempercepat penyembuhan luka operasi karena memiliki serat yang cukup tinggi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan untuk protein ada beberapa makanan seperti daging atau ikan.
Untuk antioksidan ada buah jeruk, brokoli, bayam dan wortel. Makanan ini baik dikonsumsi sebelum dan sesudah operasi untuk meminimalkan efek bahaya dari operasi tersebut. 

Makanan berprotein memiliki asam amino yang berperan langsung dalam menyembuhkan luka dan regenerasi jaringan. Pasien dapat mengkonsumsi makanan laut, unggas, ikan, telur, susu rendah lemak, daging tanpa lemak, kedelai, kacang polong dan yang lainnya.

Selain itu pasien yang baru selesai melakukan operasi juga perlu mengkonsumsi lemak sehat untuk mempercepat penyembuhan luka tersebut. Dengan lemak sehat dapat memberikan energi pada tubuh, memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu penyerapan vitamin dalam tubuh.

Makanan yang mengandung lemak sehat atau daftar makanan yang bisa mempercepat penyembuhan luka operasi diantaranya seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian dan alpukat. Mineral dan air juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Mineral yang bagus merupakan mineral yang mengandung seng dan zat besi.

Sedangkan untuk air direkomendasikan mengkonsumsi 8 gelas air setiap hari setelah melakukan operasi. Dengan begitu air akan membantu proses pembangunan dan metabolisme tubuh akan membuang racun melalui urin atau keringat.

Perawatan Pasca Operasi
Untuk perawatan setelah operasi pasien diharuskan istirahat yang cukup. Kadang banyak orang juga yang lupa dengan hal ini, padahal sangat penting untuk dilakukan. Karena dalam masa istirahat atau masa penyembuhan, pasien menjadi lebih rentan terkena penyakit.

Tidak hanya istirahat yang cukup saja, tapi pasien juga harus memperhatikan kebersihan luka operasi. Caranya dengan mengganti perban atau kassa secara rutin untuk digunakan sebagai penutup luka agar terhindar dari infeksi.

Untuk pasien yang baru selesai menjalankan operasi tidak hanya harus mengkonsumsi makanan dari daftar makanan yang bisa mempercepat penyembuhan luka operasi saja, tetapi juga tidak diperbolehkan melakukan aktifitas yang terlalu berat. Hal ini dilakukan karena aktifitas yang berat dapat membuat luka operasi yang sudah menutup menjadi terbuka kembali. Selain itu pasien juga harus menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman supaya luka tidak tertekan atau terlalu tertutup.