Cara Menyembuhkan Suara Serak dengan Cepat Secara Alami


Cara Menyembuhkan Suara Serak dengan Cepat Secara Alami


Cara menyembuhkan suara serak dengan cepat tampaknya menjadi topik bahasan yang menarik untuk diperbincangkan. Karena seringnya masyarakat mengalami gangguan kesehatan ini, apalagi waktu terjadi pergantian musim dan ketika Anda lalai dalam mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Suara serak atau yang sering disebut juga dengan radang tenggorokan dapat dialami ketika daya tahan tubuh menurun sehingga menyebabkan tubuh mudah terinfeksi karena cuaca yang berubah. Tetapi tak perlu terlalu Anda pusingkan karena suara serak bukan sebuah penyakit mematikan dan tidak sulit untuk mengatasi radang tenggorokan.

Meskipun begitu, Anda tidak boleh menganggap sepele ketika mengalami gangguan tenggorokan atau suara serak, karena lebih baik jika menyembuhkannya dengan segera. Terdapat banyak cara menyembuhkan suara serak dengan cepat melalui pengobatan alami yang dengan mudah bisa Anda dapatkan serta harganya juga terjangkau.

1. Lemon
Buah lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu melegakan tenggorokan serta menyembuhkan suara serak yang Anda alami. Buah lemon dapat di konsumsi bersamaan dengan madu agar tidak terlalu terasa masam. Buah lemon dapat di konsumsi bersama dengan teh ditambah dengan madu. Madu disini berfungsi sebagai bahan pengganti gula pasir.

2. Jahe
Sebagai tanaman herbal, jahe memiliki banyak manfaat dan menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan, tak terkecuali untuk menyembuhkan suara serak secara alami. Kandungan anti bakteri pada tanaman jahe dapat menyingkirkan bakteri jahat yang terdapat pada tenggorokan, sehingga suara serak yang Anda alami dapat secara berangsur-angsur hilang. 

3. Kunyit
Tanaman herbal kunyit yang setara dengan jahe, juga dapat meringankan radang tenggorokan yang mengakibatkan suara serak dan tenggorokan yang sakit. Kunyit biasa diolah menjadi susu kunyit yang mampu meredakan radang tenggorokan sehingga dapat menyembuhkan suara serak. Penyembuhan suara serak dengan kunyit dapat dirasakan jika sudah mengkonsumsi selama 1 minggu secara rutin.

4. Air Garam
Garam merupakan salah satu bahan dapur yang selalu dibutuhkan ketika memasak. Tak hanya itu, ternyata garam memiliki banyak manfaat misalnya sebagai obat sakit gigi yang sudah dipercaya dapat meredakan sakit gigi yang cukup manjur. 

Selain sebagai obat sakit gigi, garam dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan suara serak pada tenggorokan Anda. Air garam hangat dapat menjadi sebuah cara menyembuhkan suara serak dengan cepat yang dapat dilakukan dengan mudah. Cukup campurkan garam dengan air hangat kemudian gunakan campuran itu untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 2 kali sehari.

5. Cengkeh
Cengkeh dapat menyembuhkan suara serak yang Anda rasakan karena cengkeh dapat mencegah terjadinya iritasi pada tenggorokan, dengan cara mengunyahnya. Meskipun pada awalnya akan terasa panas, tetapi rasa panas tersebut tidak berlangsung lama pada tenggorokan Anda, melainkan kondisi tenggorokan akan segera membaik dan suara serak akan berangsur menghilang.

6. Air Hangat
Ketika mengalami suara serak, sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi air hangat dan hindari mengkonsumsi sesuatu yang dingin dan masam terlebih dahulu. Air hangat sangat berfungsi untuk melegakan serta menenangkan tenggorokan sehingga suara serak dapat teratasi.

7. Berhenti Merokok
Jika Anda seorang perokok, maka mulai sekarang berusahalah untuk berhenti merokok. Karena selain merugikan orang lain, mengisap rokok yang sudah dilakukan bertahun lamanya dapat merusak pita suara. Sehingga menyebabkan suara serak yang cukup sakit dirasakan. 

8. Menghirup Uap
Menghirup uap dapat memberikan rasa lega pada tenggorokan. Uap yang dapat dihirup untuk melegakan tenggorokan antara lain uap air dan sejenis balsam. Uap tersebut dapat memberi rasa rileks dan lega terhadap tenggorokan. Sehingga sangat ampuh untuk dijadikan sebagai cara menyembuhkan suara serak dengan cepat.