Tips Agar Tidak Stres Dalam Menghadapi Berbagai Masalah

Tips Agar Tidak Stres Dalam Menghadapi Berbagai Masalah

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya stres atau keadaan fikiran yang merasa tidak menentu. Stres yang dialami bisa stres ringan ataupun stres yang berat. Sebenarnya penyebab stres ini karena adanya tekanan terhadap suatu keadaan. Sehingga diperlukan cara agar tidak stres dalam menghadapi masalah. Karena stres ini bisa menyebabkan depresi, emosi, menurunkan produktivitas, dan hilangnya aktualisasi.

Cara Agar Tidak Stres dalam Menghadapi Masalah


1. Melakukan Olahraga yang Digemari
Cara yang dapat Anda lakukan agar tidak stres ketika menghadapi sebuah masalah adalah dengan melakukan kegiatan olahraga yang digemari. Ternyata, selain baik untuk kesehatan tubuh olahraga juga bisa menyehatkan jiwa. Olahraga merupakan kegiatan yang dapat Anda lakukan ketika sedang dilanda stres. Ketika sedang berolahraga tubuh mengeluarkan hormon Endorphin.

Hormon Endorphin berguna untuk memberikan ketenangan bagi pikiran yang sedang dilanda depresei. Dengan melakukan olahraga yang sesuai dengan kegemaran dapat menciptakan suasana hati yang lebih baik sehingga berimbas pada pikiran yang lebih tenang.

2. Melakukan Meditasi atau Yoga
Cara agar tidak stres dalam menghadapi masalah yang berikutnya adalah dengan melakukan meditasi atau biasa disebut yoga. Cara ini dilakukan jika Anda dilanda stres ketika berada di ruangan yang tidak memungkinkan Anda untuk pergi keluar. Misalnya Anda sedang berada di ruangan kerja maka bisa berimajinasi dengan membayangkan tempat yang indah.

Tempat indah yang dibayangkan seperti pemandangan laut, langit yang biru, pantai, perbukitan, atau gunung. Cara sederhana ini bisa membantu Anda untuk menenangkan pikiran yang terasa mulai tegang karena masalah yang tengah dihadapi.

3. Manjakan Diri dengan Mandi atau Berendam
Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan air sebagai media menghadapi stres yang melanda. Sudah diketahui bahwa air memiliki manfaat yang baik dalam penyembuhan atau proses penenangan diri. Ketika seseorang berada di dalam air pikiran akan lebih tenang. Tubuh juga akan merasa lebih nyaman jika sedang berada di dalam air.

Ternyata kenyamanan dan ketenangan pikiran yang  diperoleh ketika seseorang berada di dalam air disebabkan adanya stimulus suasana yang mengingatkan tubuh dan pikiran seperti seseorang berada di dalam rahim. Mandi dengan air hangat atau berendam di bathub dapat membuat pikiran lebih tenang dan tubuh lebih nyaman.

4. Hirup Udara Segar di Alam Terbuka
Cara agar tidak stres dalam menghadapi masalah yang berikutnya adalah dengan keluar ke alam terbuka, kemudian lihat pemandangan yang ada sambil menghirup udara segar yang menyehatkan. Cara ini bisa digunakan untuk menenangkan pikiran dari tekanan masalah yang tengah dialami seseorang.

Jika Anda dilanda beban pikiran yang berat sebaiknya lakukan jalan-jalan di pagi hari ke sebuah tempat yang sejuk dan memiliki pemandangan yang indah. Akan lebih baik lagi jika tempat tersebut memiliki sinar matahari yang cukup untuk memberikan kehangatan di pagi hari. Karena tubuh yang terkena sinar matahari pagi akan meningkatkan produksi vitamin D. Adanya vitamin D akan meningkatkan produksi hormon Serotonin yang dikenal sebagai hormon “bahagia”.

5. Berbicara dengan Teman, Sahabat, dan Kerabat
Cara agar tidak stres dalam menghadapi masalah berikutnya adalah dengan berbicara atau curhat dengan orang terdekat, bisa teman, sahabat, atau kerabat. Sebenarnya stres disebabkan oleh adanya tekanan pada diri karena suatu permasalahan. Sehingga dengan bercerita kepada orang lain akan sedikit melepaskan tekanan yang dirasakan tersebut. Akan lebih baik jika orang yang dicurhati tersebut memberikan solusi yang baik, sehingga masalah yang Anda hadapi bisa segera terselesaikan.


Itulah tips bagaimana cara agar tidak stres menghadapi masalah. Sebesar apapun masalah yang sedang Anda alami pada saat ini, yakinlah jika itu semua pasti akan ada jalan keluarnya. Tetap tenang dan berpikir jernih.