Tips Agar BAB Lancar Setiap Pagi dan Tidak Keras

Tips Rutin BAB Setiap Pagi

Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rutin buang air besar setiap pagi. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, tentunya akan membuat kita menjadi lebih nyaman saat beraktivitas dan bekerja. Walaupun BAB bisa dilakukan kapan saja tetapi waktu terbaik yang dianjurkan adalah pada pagi hari. Untuk itu, Anda harus membiasakan diri untuk selalu buang air besar setiap pagi hari secara rutin.

Buang air besar adalah merupakan salah satu cara mengeluarkan limbah dari dalam tubuh. Hal ini sudah merupakan bagian dari sistem metabolisme yaitu dimana tubuh akan mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna dan diserap oleh tubuh. Apabila sisa-sisa makanan tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun bagi tubuh kita dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh.

Nah, bagi Anda yang pada saat ini merasa jadwal BAB nya belum teratur maka cobalah tips berikut dibawah ini untuk mendisiplinkan perut agar jadwal BAB rutin setiap pagi.

Tips Rutin BAB Setiap Pagi


1. Bangun Pagi
Jika Anda ingin rutin BAB setiap pagi maka hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah bangun pagi. Menurut ilmu pengobatan China, waktu terbaik untuk BAB antara pukul 5-7 Pagi karena pada jam-jam tersebut meridian usus berada pada titik paling aktif.

2. Minum Air Putih
Kemudian setelah Anda bangun pagi, tips selanjutnya yaitu mengkonsumsi air putih. Mengkonsumsi air putih saat bangun tidur dipagi hari bisa membuat sistem metabolisme didalam tubuh kita menjadi lancar sehingga BAB pun menjadi lancar.

Tips ini sangat ampuh, saya sudah membuktikannya sendiri. Ketika baru bangun tidur saya mengkonsumsi 2 gelas air putih dan beberapa menit kemudian langsung ingin ke toilet untuk buang air besar.

3. Konsumsi Makanan Kaya Serat Pada Siang Hari
Serat sangat penting karena apabila tubuh kekurangan asupan serat maka dampaknya akan membuat BAB menjadi keras. Maka dari itu cukupilah asupan serat harian Anda, perbanyak makan buah serta sayur. Salah satu buah yang paling bagus untuk melancarkan BAB adalah buah pepaya. Anda bisa mengkonsumsi buah tersebut pada siang hari.

Saat bangun pagi di keesokan harinya maka Anda akan mudah BAB. Selain melancarkan BAB, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat juga akan membuat BAB anda tidak keras.

4. Lakukan Sedikit Gerakan
Jika pada pagi hari kita belum juga ingin BAB, cobalah melakukan sedikit gerakan olahraga ringan. Biasanya ini akan sangat membantu kita agar bisa BAB di pagi hari dengan lancar.

5. Hindari Stres
Jangan pernah memaksa BAB, hal ini justru malah akan menyebabkan kita menjadi tidak nyaman. Apabila Anda sudah melakukan cara diatas maka bisa dipastikan Anda terbiasa BAB setiap pagi secara rutin dan lancar. Jangan lupa hindari stres karena ini juga bisa mempengaruhi jadwal BAB Anda.


Itulah tips agar BAB rutin setiap pagi, lancar dan tidak keras. Awalnya memang terasa agak sulit membiasakan BAB dipagi hari tetapi apabila nanti sudah terbiasa maka semuanya akan berjalan dengan mudah. Saat baru terbangun dipagi hari, lalu minum air putih dan kemudian Anda pasti akan langsung ingin BAB. Dapatkan Tips Kecantikan dan Kesehatan lainnya di cantiksehatgue.