5 Penyebab Anemia Yang Harus Anda Ketahui

Apakah Anda sering merasa lesu, lemas atau bahkan terkadang merasa pusing-pusing ? jika iya maka itu bisa saja satu pertanda bahwa Anda sedang mengalami anemia. Namun sayangnya tidak banyak orang yang menyadari akan hal ini, mereka terkadang menganggap tanda-tanda tersebut hanyalah karena diakibatkan oleh kecapekan semata sehingga sering kali di anggap sepele. Padahal sebenarnya kita tidak boleh menyepelakan hal ini karena apabila dibiarkan maka anemia bisa mengakibatkan masalah kesehatan lainnya.

Anemia adalah suatu kondisi dimana berkurangnya sel darah merah atau hemoglobin didalam tubuh. Penyebab anemia ini sendiri sangatlah beragam yaitu mulai dari karena kurangnya asupan zat besi hingga karena gaya hidup yang tidak sehat. Setiap orang bisa saja mengalami anemia baik itu remaja, ibu hamil hingga orang dewasa, tetapi umumnya kebanyakan wanita yang sering mengalami anemia.

Nah, ngomong-ngomong masalah anemia maka berikut dibawah ini ada beberapa penyebab anemia yang mesti harus Anda ketahui.

Penyebab Anemia


1. Kurang Asupan Zat Besi
Zat besi sangatlah penting untuk tubuh kita karena sangat erat kaitannya dengan ketersediaan darah. Apabila kita kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi maka jangan heran apabila nanti mudah terkena penyakit anemia. Untuk itu, pastikan bahwa Anda selalu mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang setiap hari agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi dan kitapun terhindar dari anemia. Makanan yang mengandung zat besi terbaik yaitu bisa Anda dapatkan dari daging.


2. Menstruasi
Kemudian penyebab anemia selanjutnya yaitu karena menstruasi. Menstruasi ini merupakan tamu bulanan bagi wanita yang selalu datang secara teratur setiap bulannya. Pada saat menstruasi maka wanita akan mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuhnya. Volume darah yang keluar pastinya akan berbeda pada setiap wanita, terkadang ada beberapa wanita yang banyak mengeluarkan darah dan ada pula yang hanya sedikit saja.

Nah, apabila volume darah yang keluar saat menstruasi sangatlah banyak maka hal tersebut bisa saja menyebabkan adanya penurunan zat besi. Apabila tidak dibantu dengan asupan makanan yang banyak mengandung zat besi maka wanita tersebut akan sangat rentan terkena anemia.

Jadi bagi Anda yang pada saat ini sedang didalam masa menstruasi maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar terhindar dari anemia. Satu lagi, hindari mengkonsumsi kopi dan teh karena kandungan kafein didalam minuman tersebut bisa menghambat penyerapan zat besi didalam tubuh.

3. Adanya Penyakit Kronis
Anemia juga bisa disebabkan oleh karena adanya penyakit kronis. Bila penyebabnya adalah karena adanya penyakit kronis maka segera secepat mungkin untuk memeriksakan diri kedokter agar bisa ditangani dengan tepat dan cepat

4. Pendarahan
Pendarahan terkadang membuat seseroang harus kehilangan banyak darah. Penyebab pendarahan ini sendiri juga sangatlah banyak yaitu mulai dari karena operasi, kecelakaan, melahirkan atau saat menstruasi. Kehilangan darah akibat pendarahan sering kali membuat seseorang terkena anemia sehingga harus secepat mungkin ditolong. Apabila terlambat didalam penanganan maka bisa saja akibat kekurangan darah ini membuat nyawa seseorang melayang.

5. Gaya Hidup Tidak Sehat
Kemudian yang terakhir yaitu penyebab anemia adalah karena kurangnya memperhatikan pola hidup. Pola hidup yang buruk sangatlah tidak baik untuk kesehatan kita karena bukan saja rentan membuat seseorang terkena anemi tetapi juga bisa menyebabkan mengumpulnya berbagai macam penyakit didalam tubuh kita. Nah, untuk itu maka terapkanlah pola hidup dan makan yang sehat setiap hari agar kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga.


Itulah penyebab anemia yang wajib untuk Anda ketahui. Jangan sampai menyepelekan penyakit yang satu ini karena akibatnya sangatlah berbahaya untuk tubuh Anda. Semoga bermanfaat.