Bahaya Penyakit Batu Ginjal Yang Patut Anda Ketahui

Bahaya Penyakit Batu Ginjal
Bahaya penyakit batu ginjal tidak bisa dianggap sepele dan harus diwaspadai. Ketika Anda sudah divonis oleh dokter mengalami penyakit batu ginjal maka usahakanlah secepat mungkin untuk mengambil tindakan agar batu yang bersarang di ginjal atau disepanjang saluran kemih Anda bisa segera keluar. Karena apabila kita hanya membiarkan saja tanpa ada pengobatan maka lama-kelamaan batu ginjal tersebut akan terus membesar. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan Anda sendiri karena batu ginjal yang sudah membesar bisa menyebabkan penyumbatan sehingga berpotensi merusak organ ginjal Anda.

Sebelum mengambil tindakan pengobatan, tentunya Anda harus melakukan foto rontgen terlebih dahulu untuk mengetahui ukuran dari batu yang bersarang diginjal Anda. Apabila ukuran batu yang ada diginjal Anda masih kecil maka masih bisa dikeluarkan bersamaan dengan urine, namun apabila batu ginjal tersebut sudah agak besar maka Anda harus meminta bantuan medis untuk mengeluarkan batu ginjal tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, apabila kita membiarkan tanpa ada pengobatan maka hal ini nantinya akan sangat beresiko untuk Anda. Banyak sekali resiko kesehatan akibat adanya batu ginjal ini. Gak percaya ? yuk, simak selengkapnya dibawah ini mengenai apa saja bahaya penyakit batu ginjal yang hanya dibiarkan tanpa ada pengobatan.

Bahaya Penyakit Batu Ginjal


1. Kambuh-Kambuhan
Sebagai orang yang pernah mengalami penyakit yang satu ini maka saya tahu betul bagaimana menyiksanya penyakit batu ginjal ini. Penyakit batu ginjal yang tidak ditangani dengan cepat maka bisa membuat penderitanya akan merasakan nyeri kambuh-kambuhan. Rasa nyeri yang diakibatkan oleh batu ginjal ini tidak bisa digambarkan, bahkan apabila sedang kambuh maka membuat kita menjadi susah untuk tidur, makan dan lainnya.

Rasa sakit yang konstan dan tidak hilang-hilang dalam jangka waktu yang lama akan membuat kita menjadi sangat tersiksa. Untuk meredakan rasa sakit tersebut, jalan satu-satunya pergi kedokter. Ketika diberi obat maka rasa sakit tersebut akan hilang, namun Anda jangan senang dahulu karena sewaktu-waktu nanti rasa sakit tersebut akan kambuh kembali apabila salah mengkonsumsi makanan.

Nah, maka dari itu saya sangat menyarankan agar Anda segera mengambil tindakan pengobatan untuk mengeluarkan batu yang bersarang di ginjal Anda. Karena jika batu tersebut belum keluar maka penyakit tersebut akan kambuh-kambuhan kembali.

2. Adanya Penyumbatan Pada Saluran Kemih
Kemudian bahaya kedua yang akan Anda rasakan apabila nanti batu ginjal sudah agak membesar adalah terasa adanya penyumbatan pada saluran kemih. Hal ini akan membuat Anda seperti anyang-anyangan dan terkadang ketika buang air kecil akan terasa sakit.

Apabila batu tersebut masih kecil maka tidak ada masalah karena bisa keluar dengan sendirinya bersamaan dengan kita buang air kecil, yang menjadi masalah adalah jika batu tersebut sudah membesar maka itu rasanya sangat menyiksa.

Nah, maka dari itu jangan biarkan batu ginjal lama-lama bersarang di ginjal atau disaluran kemih Anda karena itu sangat berbahaya.

3. Menyebabkan Organ Ginjal Menjadi Rusak
Nah, untuk yang terakhir yaitu bisa menyebabkan organ ginjal kita menjadi rusak. Kerusakan organ ginjal adalah merupakan salah satu momok menakutkan yang paling tidak diinginkan oleh kebanyakan orang. Karena apabila organ ginjal kita sudah rusak atau fungsinya tidak optimal lagi maka hal ini akan membuat kita menjadi sengsara. Kita diharuskan untuk melakukan cuci darah seumur hidup, apabila tidak maka nyawa yang menjadi taruhannya.

Nah, untuk itu jangan sampai tunggu batu yang bersarang diginjal Anda berukuran besar dan telah menyebabkan komplikasi baru Anda mau meminta bantuan medis. Hal ini bisa dikatakan sesuatu yang sia-sia karena sudah pasti akan menjadi rumit dan susah sembuhnya.


Itulah bahaya penyakit batu ginjal yang patut Anda ketahui. Jika Anda sudah sering mengalami nyeri pada pinggang dan menjalar ke perut bagian bawah maka cepatlah untuk memeriksakan kondisi Anda. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar batu yang telah bersarang diginjal Anda agar bisa segera diambil tindakan.