Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya dan mematikan sehingga untuk itu tak heran apabila orang-orang yang menderita penyakit ini dituntut untuk selalu menjaga pola makan mereka dan tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan karena apabila para penderita diabetes ini bandel dan selalu mengkonsumsi makanan secara sembarangan maka hal ini tentu saja akan menyebabkan kadar gula darah didalam tubuhnya menjadi tidak terkontrol dan cenderung meningkat. Peningkatan kadar gula darah ini tentu saja berdampak negatif bagi penderita diabetes itu sendiri karena beresiko memicu terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung, kerusakan syaraf, pusing, kelelahan hingga menurun nya kesadaran.

Nah maka dari itu, bagi Anda para penderita diabetes sangat penting untuk menjaga asupan makanan dan jangan sampai menyantap makanan secara sembarangan agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dan penyakit diabetes yang Anda alami tidak semakin parah. Berikut dibawah ini ada beberapa makanan sehat untuk penderita diabetes yang sangat aman dikonsumsi.

Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes



Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes


1. Sayur Brokoli dan Bayam
Makanan sehat yang terbaik untuk penderita diabetes adalah sayur brokoli dan sayur bayam yang dimasak dengan cara dikukus ataupun direbus. Kedua sayur tersebut mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, bahkan sebuah studi pernah melaporkan bahwa para panderita diabetes yang memasukan sayuran hijau seperti brokoli dan bayam sebagai menu makan harian mereka maka terjadi penurunan resiko diabetes tipe 2 sebesar 14.

2. Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Komplek
Kemudian makanan sehat untuk penderita diabetes selanjutnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti nasi merah, kentang panggang, sereal gandum, oats atau roti gandum. Para penderita diabetes juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat agar mereka tetap memiliki energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Daging Tanpa Lemak
Penderita diabetes juga diperbolehkan mengkonsumsi daging tetapi usahakan agar daging yang Anda konsumsi tanpa lemak dan cara memasaknya juga sebaiknya diperhatikan yaitu sebaiknya dimasak dengan cara dikukus, direbus, dipanggang atau dibakar. So, meskipun Anda terkena penyakit diabetes bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi daging-dagingan tetap diperbolehkan tetapi jangan berlebihan.

4. Buahan Segar
Selain sayur, penderita diabetes juga boleh mengkonsumsi buahan yaitu baik dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sebagai jus. Apabila Anda ingin menjadikan jus maka usahakan jangan menambahkan gula pada jus Anda karena ini bisa berdampak tidak baik bagi Anda penderita diabetes.

5. Ikan
Makanan terbaik selanjutnya untuk penderita diabetes adalah ikan yaitu seperti ikan tuna, sarden, salmon atau makarel. Ikan adalah sumber protein yang sangat baik untuk tubuh kita dan tidak berbahaya bagi penderita diabetes tetapi meskipun demikian tetap waspada didalam memilih ikan, hindari ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan tongkol karena ini sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

6. Kacang-Kacangan
Penderita diabetes juga dibolehkan mengkonsumsi kacang-kacangan termasuk kacang kedelai yang telah diolah menjadi tahu. Sebaiknya Anda mengkonsumsi tahu yang dimasak dengan cara di kukus, lalu jadikan untuk sup atau tumis.

7. Produk Olahan Susu Rendah Lemak
Kemudian makanan selanjutnya yang sangat baik untuk penderita diabetes adalah makanan yang terbuat dari produk olahan susu rendah lemak. Nah, apabila sesekali Anda ingin mengkonsumsi susu maka pilihlah susu rendah lemak karena susu rendah lemak tidak akan menyebabkan penyakit diabetes yang Anda alami semakin parah.

8. Telur
Penderita diabetes juga boleh mengkonsumsi telur tetapi usahakan telur yang Anda konsumsi dimasak dengan cara direbus, bukan digoreng karena makanan yang digoreng biasanya sangat berminyak dan ini tentunya sangat tidak baik bagi penderita diabetes.


Itulah makanan sehat untuk penderita diabetes yang bisa Anda masukan kedalam daftar menu makanan harian Anda. Mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu kunci bagi penderita diabetes agar tetap sehat dan panjang umur.