Cara Mengatasi Mual Tanpa Minum Obat

Rasa mual dan ingin muntah bisa terjadi pada siapa saja, namun untuk itu anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai hal ini karena sebenarnya mual dan muntah ini bukanlah merupakan suatu pertanda bahwa adanya penyakit serius didalam tubuh Anda. Mual dan muntah merupakan salah satu cara tubuh untuk membuang materi berbahaya yang ada didalam tubuh kita.

Meskipun mual adalah salah satu penyakit yang tidak berbahaya tetapi tetap saja kita tidak boleh menyepelekan perasaan mual dan ingin muntah ini karena seperti yang kita ketahui, jika rasa mual dan ingin muntah tidak juga segera hilang maka tentunya akan sangat mengganggu aktivitas harian kita. Bahkan perasaan mual dan ingin muntah ini juga bisa membuat nafsu makan kita menjadi menurun.

Cara Mengatasi Mual Tanpa Minum Obat


Berbicara mengenai mual, tentunya banyak sekali hal yang menjadi penyebab mengapa perut terasa mual dan ingin muntah. Anda tidak perlu khawatir apabila tiba-tiba mengalami mual dan tidak perlu panik apalagi langsung buru-buru mengkonsumsi obat-obatan kimia karena ternyata untuk mengatasi mual dan muntah ini sebenarnya bisa kita lakukan hanya dengan mengkonsumsi beberapa makanan tertentu.

Berikut dibawah ini beberapa makanan yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi rasa mual dan ingin muntah.

Makanan Untuk Menghilangkan Rasa Mual


1. Apel
Buah apel yang segar bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa mual yang Anda rasakan. Rasa asam-asam manis pada buah apel akan membuat mulut kita menjadi lebih enak dan meredakan rasa mual. Selain itu, kandungan serat pada buah apel juga bisa membantu mengatasi masalah pada pencernaan kita sehingga pencernaan menjadi lebih sehat dan terasa nyaman. Nah, ketika Anda mengalami rasa mual maka cobalah untuk mengkonsumsi buah apel segar. Bahkan buah apel ini juga bisa diandalkan untuk mengatasi morning sicks pada ibu hamil.

2. Jahe
Jahe memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, selain bisa membantu menghangatkan tubuh ternyata jahe juga bisa diandalkan untuk mengatasi rasa mual dan ingin muntah. Mengkonsumsi secangkir wedang jahe akan membantu mengatasi peradangan serta membuat perut Anda terasa nyaman dan tenang.


3. Pisang
Pisang adalah salah satu buahan yang sangat digemari oleh masyarakat kita, harganya yang terjangkau membuat pisang menjadi pilihan bagi setiap keluarga dirumah.  Nah, selain rasanya yang enak dan mengenyangkan ternyata buah pisang juga bermanfaat sebagai penghilang rasa mual. Cukup mengkonsumsi satu buah pisang maka rasa mual yang Anda alami akan segera hilang dan mereda.

4. Air Putih
Mual juga bisa dihilangkan dengan hanya mengkonsumsi air putih. Jika Anda mulai mengalami rasa mual dan ingin muntah maka cobalah untuk mengambil air putih dan meminumnya secara perlahan dalam jumlah sedikit. Terkadang rasa mual yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh karena tubuh mengalami dehidrasi sehingga untuk itu jangan pernah malas untuk mengkonsumsi air putih dan jangan tunggu sampai Anda haus baru Anda akan minum. Konsumsilah air putih setidaknya delapan gelas sehari agar tubuh tetap sehat serta bugar.

5. Biskuit Krakers
Ketika perut mulai terasa mual dan ingin muntah maka cobalah ambil biskuit karena menurut para ahli di American Institute of Cancer Research mengatakan bahwa makanan seperti biskuit, sereal atau roti kering akan sangat membantu Anda didalam meredakan rasa mual.

6. Lemon
Anda juga bisa mengkonsumsi lemon untuk mengatasi mual dan perasaan ingin muntah ini. Caranya yaitu cukup dengan mencampurkan potongan lemon pada secangkir teh dan kemudian silahkan diminum. Rasa lemon yang khas akan sangat membantu kita didalam meredakan mual dan membuat perut menjadi tenang.

7. Mint
Sama halnya dengan lemon, daun mint juga bisa dijadikan obat penghilang mual alami. Anda bisa memasukan daun mint kedalam teh hangat dan kemudian mengkonsumsinya. Perpaduan daun mint dan teh akan membuat rasa mual menjadi hilang seketika.

8. Jus Buah
Kemudian alternatif lainnya untuk mengatasi rasa mual dan ingin muntah ini adalah yaitu dengan cara mengkonsumsi jus buah. Jika Anda tidak mau repot-repot untuk membuat jus buah sendiri dirumah maka Anda bisa membeli jus buah yang banyak dijual dipasaran.


Itulah cara mengatasi rasa mual secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia. Namun Anda juga harus memperhatikan, apabila rasa mual yang Anda alami tak juga kunjung reda maka cobalah untuk segera berkonsultasi kepada dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.