7 Buahan Tinggi Serat Yang Bagus Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi buah-buahan secara rutin setiap hari memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Kandungan nutrisi yang terdapat didalam buahan tidak hanya berguna untuk kesehatan kita saja tetapi juga bagus untuk kecantikan kulit. Namun sayangnya, meskipun kebanyakan dari kita sudah mengetahui akan manfaat dari mengkonsumsi buah-buahan ini tetapi tidak banyak diantara kita yang mencoba untuk rutin mengkonsumsi buahan setiap hari.

Nah, ngomong-ngomong masalah buahan maka pada tulisan kali ini saya akan beri tahu Anda mengenai beberapa buahan yang memiliki kandungan serat paling tinggi dibandingkan jenis buahan lainnya. Anda pasti sudah mengetahui bahwa serat yang terkandung didalam buahan memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan kita. Ada banyak sekali manfaat serat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya yaitu membantu melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, membantu menurunkan berat badan dan terakhir yaitu mengkonsumsi makan berserat akan membuat kita menjadi kenyang lebih lama sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet.

Buahan Tinggi Serat


Baiklah, apabila Anda penasaran dan ingin mengetahui apa saja buah-buahan yang memiliki kandungan serat tertinggi maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.


Buahan Tinggi Serat 


1. Apel
Buahan pertama dengan kandungan serat tertinggi yaitu apel. Kita semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan buahan yang satu ini karena memang apel bisa dengan mudah kita dapatkan dipasaran. Apel ini sendiri biasanya ada yang berwarna hijau ataupun merah, namun Anda tidak perlu khawatir karena keduanya sama saja yaitu sama-sama memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Cukup dengan mengkonsumsi satu buah apel setiap hari maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan sangat membantu didalam pemenuhan kebutuhan serat harian Anda. Ingat, kandungan serat pada buah apel tidak hanya terdapat pada dagingnya saja tetapi juga pada kulitnya. So, jika Anda mengkonsumsi buah apel maka sebaiknya konsumsi beserta kulitnya tetapi jangan lupa di cuci terlebih dahulu ya ladies.

2. Beri-Berian
Buah beri-berian terutama raspberry dan blueberry juga termasuk kedalam jenis buahan yang mengandung tinggi serat. Bagi Anda yang pada saat ini sedang menjalani program diet maka tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah yang satu ini karena selain tinggi serat, buah beri-berian terutama raspberry dan blueberry sangat rendah kalori sehingga tidak akan membuat berat badan Anda menjadi naik.

3. Pisang
Pisang dikenal sebagai buahan yang paling mudah untuk didapatkan, bahkan mungkin beberapa diantara kita ada yang menanam pohon pisang di sekitar rumahnya sehingga apabila nanti pisang sudah matang maka tinggal petik saja dan tidak perlu beli lagi. Meskipun pisang ini adalah buah yang murah meriah tetapi kandungan yang terdapat didalam buah pisang tidaklah murahan karena buah yang satu ini dianggap sebagai buahan yang tinggi serat. Selain rasanya yang enak, buah pisang ini juga sangat bagus untuk pencernaan kita dan membantu meningkatkan energi didalam tubuh.

4. Pir
Sama halnya dengan buah apel, pir juga merupakan salah satu buahan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan serat pada buah pir akan membuat Anda menjadi kenyang lebih lama sehingga untuk itu saya sangat menyarankan jika buah yang satu ini dimasukan kedalam menu makanan diet Anda.

5. Alpukat
Ada yang suka alpukat ? buah alpukat memang sangat enak jika dijadikan sebagai jus, bahkan saya pun bisa menghabiskan dua gelas jus alpukat setiap hari karena saking enaknya. Nah, tahukah Anda ternyata alpukat termasuk kedalam buahan yang memiliki kandungan serat tertinggi sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Selain serat, alpukat juga mengandung vitamin serta asam lemak yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

6. Jeruk
Jeruk bukan hanya mengandung vitamin C saja tetapi kandungan serat pada jeruk juga sangat tinggi sehingga sangat bagus apabila Anda mengkonsumsi buah yang satu ini setiap hari. Dengan mengkonsumsi jeruk secara rutin dan tidak berlebihan maka akan sangat membantu Anda didalam menghindari sembelit.

7. Pepaya
Kemudian buahan terakhir yang memiliki kandungan serat cukup tinggi yaitu buah pepaya. Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan dan BAB keras maka bisa mengkonsumsi buah pepaya. Kandungan serat pada buah pepaya akan membantu melancarkan pencernaan serta BAB Anda. Konsumsilah pepaya pada malam hari maka pada keesokan paginya BAB Anda tidak keras lagi dan lancar seperti biasanya. It’s work karena saya sudah membuktikannya.


Itulah buahan tinggi serat yang bisa Anda konsumsi setiap hari agar kebutuhan serat tubuh Anda bisa terpenuhi. Apabila kebutuhan serat sudah terpenuhi maka tentunya hal ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat serta bugar.