7 Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Apakah Anda sering tidur dimalam hari dengan kondisi lampu menyala ? jika iya maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena tidur dengan lampu menyala ternyata memiliki dampak negatif bagi tubuh kita. Menurut para ilmuwan yang telah melakukan penelitian mengatakan bahwa tidur dengan lampu menyala sepanjang malam bisa dikatakan cukup berbahaya bagi tubuh kita karena selain bisa menggangu tidur Anda, tidur dengan lampu menyala ini juga bisa menghambat produksi hormon melatonin.

Tidak hanya itu saja, bahkan ada beberapa lagi dampak bahaya akibat sering tidur dengan lampu menyala. Apa saja itu ? yuk mari kita simak saja selengkapnya dibawah ini.

Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala



Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala


1. Menghambat Produksi Hormon Melatonin
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa bahaya akibat sering tidur dengan lampu menyala yang pertama adalah bisa menghambat produksi dari hormon melatonin. Hormon melatonin ini bisa dikatakan sangat pentin bagi tubuh karena enzim yang satu ini merupakan salah satu perisai bagi tubuh dan menjaga agar sel-sel tumor serta kanker tidak berkembang didalam tubuh. Nah, apabila produksi hormon ini terganggu maka bukan tidak mungkin jika nantinya Anda beresiko terkena penyakit kanker.

2. Meningkatkan Resiko Penyakit Kanker
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tidur dengan lampu menyala bisa menghambat produksi melatonin, yang mana hormon ini berfungsi untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang tumor dan kanker. Nah, apabila Anda terlalu sering tidur dengan lampu menyala maka tentu saja produksi hormon ini tidak akan maksimal sehingga apabila hal ini terus berlanjut maka bisa meningkatkan resiko Anda terkena penyakit kanker.

Tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir karena sebenarnya terhambatnya melatonin ini tidak serta merta langsung menyebabkan Anda terkena kanker. Masih ada beberapa penyebab lainnya yang bisa memicu timbulnya tumor atau kanker seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol dan gaya hidup yang tidak sehat.

3. Membuat Mata Pegal
Lampu yang masih menyala saat kita akan tidur bisa juga berdampak negatif bagi mata. Sinar dari lampu tersebut bisa membuat otot pada mata kita menjadi tegang sehingga apabila kita terbangun dipagi hari maka mata akan terasa pegal. Selain itu, sinar lampu tersebut juga bisa meningkatkan gangguan pada mata seperti mata menjadi berair dan gatal.

Nah, apabila Anda tetap memaksa dan terbiasa tidur dengan lampu menyala maka sebaiknya perhatikan pemilihan lampu kamar. Pilihlah lampu kamar yang memiliki tingkat radiasi rendah agar mata Anda tidak menjadi pegal dan perih akibat sinar dari lampu tersebut.

4. Menyebabkan Gangguan Tidur
Tidur dengan lampu menyala juga bisa menyebabkan Anda sulit untuk tidur atau insomnia. Kondisi lampu yang masih menyala akan membuat kita kesulitan untuk memejamkan mata, meskipun nantinya kita juga pasti akan tertidur dengan sendirinya tetapi hal ini akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak dan sering terbangun ditengah malam.

5. Menurunkan Kualitas Tidur
Seperti yang sudah dibahas diatas, apabila tidur kita sudah tidak nyenyak dan sering terbangun tengah malam maka hal tersebut bisa dikatakan bukan tidur yang berkualiatas. Dampaknya di pagi hari akan sangat terasa biasanya selain membuat badan menjadi lemas dan tidak bersemangat, juga membuat kita merasa ngantuk seharian.

Nah, maka dari itu matikanlah lampu kamar Anda saat akan tidur dimalam hari agar tidur malam Anda berkualitas dan tubuhpun kembali bugar saat bangun dipagi hari.

6. Mengganggu Metabolisme Tubuh
Tidur dengan lampu menyala juga bisa berdampak buruk untuk metabolisme tubuh kita. Apabila metobolisme tubuh sudah terganggu maka penyerapan nutrisi, vitamin dan mineral didalam tubuh tidak berjalan optimal sehingga apabila terus dibiarkan maka tentu saja berdampak buruk bagi tubuh Anda dan bisa menyebabkan tubuh terasa lemas, selalu lelah dan membuat kita mudah sakit karena sistem imun didalam tubuh juga ikut menurun.

7. Depresi
Kemudian bahaya tidur dengan lampu menyala yang terakhir adalah yaitu bisa meningkatkan resiko depresi pada seseorang. Hal ini disebabkan karena kualitas tidur yang buruk dan ditambah pekerjaan kantor membuat kondisi tubuh sangat rentan terhadap stres. Nah, apabila stres ini tidak bisa dikendalikan maka bukan tidak mungkin malah akan menyebabkan Anda menjadi depresi.


Itulah bahaya tidur dengan lampu menyala. Masih maukah Anda tidur malam ini dengan lampu menyala ? Tidak perlu takut tidur dengan lampu dimatikan, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila Anda tidur dengan kondisi gelap salah satu manfaatnya adalah meningkatkan kinerja otak, membuat kita cepat terlelap dan memperlancar produksi hormon melatonin tentunya.