6 Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama



Sering menahan buang air kecil sangat beresiko bagi kesehatan Anda. Semakin lama Anda menahan nya maka akan semakin banyak pula bakteri yang akan bersarang di kandung kemih Anda. Apabila kebiasaan menunda-nunda buang air kecil atau kencing ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin jika nantinya Anda akan mengalami infeksi pada saluran kemih. Tidak hanya itu saja, bahkan infeksi ini bisa menyebar dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi pada tubuh Anda.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja sih bahaya-bahaya lainnya yang dapat timbul akibat sering menahan buang air kecil yang terlalu lama maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama



Bahaya Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama


1. Infeksi Saluran Kemih
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, menahan buang air kecil yang terlalu lama bisa menyebabkan para bakteri berkumpul dan bersarang di kandung kemih sehingga lama-kelamaan akan menyebabkann infeksi pada saluran kemih. Meskipun infeksi saluran kemih ini biasanya paling banyak menyerang wanita tetapi Anda para pria juga tetap harus berhati-hati dan tidak menyepelekan akan bahaya dari menahan buang air kecil ini karena dampaknya sangat buruk bagi kesehatan Anda.

2. Batu Ginjal
Bahaya menahan kencing yang kedua adalah bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal ini terbentuk karena akibat dari penumpukan urin didalam ginjal, yang mana kemudian urin tersebut akan menggumpal dan mengeras  sehingga lama-kelamaan akan menjadi batu yang akan sangat sulit untuk dipecahkan.

Urin Anda mengandung kristal-kristal garam sehingga apabila terjadi penumpukan maka akan terjadi penggumpalan dan kemudian mengeras seperti batu. So, jika Anda tidak mau terkena penyakit yang satu ini maka hentikan kebiasaan menunda-nunda buang air kecil. Percayalah, menderita penyakit batu ginjal itu sangat tidak enak karena saya sudah mengalaminya sendiri.

3. Anyang-Anyangan
Sering menahan buang air kecil juga bisa menyebabkan Anda mengalami anyang-anyangan. Anyang-anyangan ini sendiri merupakan suatu kondisi dimana ketika kita akan buang air kecil tetapi urin yang keluar hanya sedikit dan biasanya dibarengi dengan rasa perih ketika akan buang air kecil. Meskipun Anyang-anyangan ini tidak terlalu berbahaya dan bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi air putih yang banyak tetapi tetap saja kondisi ini akan sangat menyiksa karena mengharuskan Anda untuk selalu bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

4. Infeksi GInjal
Tidak hanya menyebabkan terbentuknya batu ginjal saja, menahan buang air kecil yang terlalu lama juga bisa mengakibatkan terjadinya infeksi pada ginjal Anda. Apabila ginjal sudah terinfeksi oleh bakteri maka hal ini bisa mempengaruhi siklus pembuangan urin Anda dan menyebabkan pendarahan ketika melakukan buang air kecil.

5. Gagal Ginjal
Puncak dari dampak akibat terlalu sering menahan buang air kecil ini adalah yaitu terjadinya kerusakan besar pada ginjal Anda yang mana biasanya penyakit ini disebut dengan gagal ginjal. Gagal ginjal adalah penyakit yang sangat mematikan dan sampai saat ini belum ada obatnya. Nah, maka dari itu apabila Anda tidak ingin terkena penyakit yang satu ini maka jangan pernah lagi menunda-nunda buang air kecil terlalu lama.

6. Nyeri Pada Perut dan Pinggang
Kemudian dampak negatif akibat terlalu lama menahan kencing adalah bisa menyebabkan nyeri pada perut dan pinggang. Mungkin bagi Anda yang pernah menahan kencing yang terlalu lama pasti pernah merasakan hal ini. Nyeri pada perut dan pinggang ini terkadang juga bisa diakibatkan karena telah adanya batu yang bersarang di ginjal Anda.


Itulah bahaya menahan buang air kecil terlalu lama. Bagaimana mengerikan bukan ? nah, maka dari itu mulailah dari sekarang untuk tidak membiasakan diri menunda-nunda buang air kecil agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.