Mata Katarak : Penyebab dan Cara Mencegah Katarak Sejak Dini

Penyebab dan cara mencegah katarak pada mata sejak dini
Katarak adalah salah satu penyakit mata yang menjadi momok paling menakutkan bagi mereka yang telah lanjut usia, biasanya orang-orang yang telah memasuki usia 40 tahun keatas akan sangat rentan terserang penyakit mata yang satu ini. Nah, maka dari itu jangan sepelekan dan abaikan kesehatan mata tetapi mulailah jaga kesehatan mata saat di usia muda agar ketika tua nanti mata kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit katarak.

Seperti yang kita ketahui, katarak adalah suatu kondisi kelainan pada mata yang menyebabkan adanya bagian yang sangat keruh pada lensa mata. Apabila dibiarkan tanpa diatasi dengan cepat maka seiring dengan berjalannya waktu maka bagian yang keruh tersebut nantinya akan terus melebar dan berkembang ke bagian pupil serta iris mata sehingga akan menyebabkan Anda menjadi buta.

Nah ngomong-ngomong masalah katarak, selain faktor usia ternyata ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan mengapa seseorang mengalami katarak pada matanya. Apa saja faktor tersebut dan bagaimana cara mencegahnya ? yuk kita simak saja selengkapnya dibawah ini.


Penyebab Katarak Pada Mata


1. Terlalu sering kontak dengan cahaya ultra violet
2. Radiasi
3. Komplikasi dari suatu penyakit seperti diabetes mellitus, hipertensi
4. Lansia
5. Cedera mata
6. Obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid
7. Kadar kalsium darah yang rendah
8. Merokok

Gejala dan Tanda-Tanda Katarak


1. Penglihatan buram terutama pada malam hari
2. Menurunnya ketajaman penglihatan
3. Hilangnya sensitivitas kontras
4. Penglihatan ganda pada salah satu mata
5. Terasa menyilaukan saat melihat cahaya
6. Mata terasa gatal
7. Sering mengeluarkan air mata
8. Kadang mengalami nyeri pada mata
9. Adanya pembengkakan lensa

Cara Mencegah Katarak Sejak Dini


1. Konsumsi Makanan Sehat
Cara mencegah katarak yang pertama adalah dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Konsumsilah makanan sehat sejak usia muda, terutama makanan yang banyak mengandung vitamin A, beta karoten, antioksidan, vitamin C dan vitamin E agar ketika tua nanti kesehatan mata Anda tetap terjaga dan terhindar dari yang namanya katarak. Kemudian, batasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat serta gula sejak dini.

2. Lindungi Mata Dari Sinar Matahari
Kemudian cara mencegah katarak pada mata yang selanjutnya yaitu adalah dengan melindungi mata dari sinar matahari. Sinar matahari ini tidak hanya menyebabkan kulit Anda menjadi hitam saja tetapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan mata dan bisa menyebabkan terbentuknya katarak pada mata. Gunakanlah kaca mata ketika sedang bekerja agar sinar matahari tidak langsung mengenai mata Anda, atau jika Anda kurang nyaman menggunakan kaca mata maka bisa menggantinya dengan topi agar mata Anda bisa terlindungi dari sinar UV.

3. Hindari Alkohol
Seperti yang kita ketahui bahwa alkohol sangat tidak baik bagi tubuh, selain bisa menggangu kesehatan tubuh ternyata alkohol ini juga bisa mengakibatkan seseorang terkena katarak. So, maka dari itu hindarilah minuman beralkohol sejak usia muda agar ketika tua nanti kesehatan tubuh dan mata Anda tetap terjaga sehingga kita bisa tetap menikmati hidup di usia senja tanpa adanya sakit-sakitan.

4. Konsumsi Teh Setiap Hari
Mengkonsumsi teh secara rutin ternyata tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat tetapi juga mampu membantu membuat lensa mata menjadi jernih. Para peneliti telah melakukan uji coba mengenai hal ini pada seekor tikus dan hasilnya menakjubkan yaitu tikus yang diberikan teh setiap hari kesehatan matanya tetap terjaga dan lensa matanya menjadi jernih.

5. Turunkan Berat Badan
Bagi Anda yang mengalami obesitas di usia muda maka sebaiknya mulailah untuk menjalani program diet karena berat badan yang berlebih ini sangat beresiko dan bisa menyebabkan Anda terkena berbagai penyakit, diantaranya adalah penyakit dibetes melitus. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satu penyebab mengapa seseorang terkena penyakit katarak ini adalah karena adanya komplikasi penyakit dari diabetes melitus. So, apabila Anda ingin kesehatan tubuh dan mata tetap terjaga hingga tua nanti maka turunkan lah berat badan Anda.

6. Cukup Istirahat
Kemudian cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan sejak dini untuk mencegah penyakit katarak ini adalah yaitu cukup istirahat. Pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat dan tidur cukup agar tubuh tetap bugar dan sehat. Ketika kita tertidur maka mata akan lebih santai, selain itu tidur juga bisa membantu penyerapan mineral dan vitamin secara maksimal oleh mata.


Itulah penyebab dan cara mengatasi katarak sejak dini yang harus Anda ketahui. Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami katarak maka tidak perlu khawatir karena sebenarnya penyakit katarak bisa diobati dan diatasi dengan cara operasi mata.