Manfaat Skipping (Lompat Tali) Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Skipping (Lompat Tali) Bagi Kesehatan Tubuh
Skipping atau lompat tali merupakan salah satu olahraga simpel yang ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Olahraga skipping ini bisa kita lakukan sendirian sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk mencari teman untuk melakukan olahraga ini. Selain itu, skipping atau lompat tali juga tidak membutuhkan waktu dan tempat khusus seperti olahraga sepak bola, volly ataupun badminton. Kita bisa melakukan skipping ini di halaman rumah, taman maupun tempat-tempat lainnya.

Nah, berikut dibawah ini beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rutin melakukan skipping setiap pagi.


Manfaat Skipping Bagi Kesehatan


1. Menjaga Kebugaran Tubuh
Manfaat skipping yang pertama adalah membuat tubuh kita menjadi bugar. Dengan rutin melakukan skipping setiap pagi setidaknya 30 menit sehari maka bisa membuat stamina kita menjadi meningkat dan  membuat keseimbangan tubuh kita menjadi lebih bagus.

2. Mengencangkan Otot
Kemudian manfaat selanjutnya adalah membuat otot tubuh kita menjadi lebih kencang. Lompatan yang dilakukan berulang-ulang akan membuat otot paha dan kaki Anda menjadi kuat. Bahkan dengan latihan yang teratur dan rutin maka bukan saja otot paha saja yang menjadi kuat tetapi otot lengan dan bahu juga menjadi kuat.

3. Menambah Tinggi Badan
Skiping juga bermanfaat untuk menambah tinggi badan. Olahraga lompat tali atau skipping ini hampir sama dengan berenang sehingga sangat baik dilakukan oleh anak-anak yang masih berada didalam masa pertumbuhan. Dengan melakukan olahraga skipping serta ditambah asupan makanan yang bergizi maka bukan tidak mungkin jika nanti Anda akan mendapatkan tinggi badan yang ideal.

4. Mencegah Osteoporosis
Skipping juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang dikemudian hari. Cukup dengan melakukan olahraga ini setiap pagi selama 15 menit maka itu sudah cukup untuk membuat tubuh Anda menjadi bugar dan terhindar dari osteoporosis.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak
Selain mengkonsumsi makanan sehat, dengan berolahraga skipping atau lompat tali setiap pagi juga bisa membuat otak kita menjadi lebih sehat. Otak dilatih untuk bekerja dengan cepat dan tepat, saat menghitung dan menentukan kapan kaki harus melompat. Lompat tali melatih koordinasi tubuh, refleks, dan keseimbangan tubuh. Jadi, kinerja otak dapat meningkat secara menyeluruh.

6. Menurunkan Berat Badan
Olahraga skipping juga bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat. Gerakan melompat-lompat saat melakukan skipping mampu membakar lemak yang ada didalam tubuh kita secara optimal. Cukup dengan melakukan olahraga ini setiap pagi selama 30 menit maka berat badan Anda akan turun dalam waktu yang singkat.

7. Menghilangkan Stres
Olahraga adalah hal yang paling menyenangkan sehingga tak heran apabila dengan berolahraga secara teratur kita bisa terhindar dari stres. Tidak perlu berolahraga berat, cukup dengan olahraga ringan seperti skipping dihalaman rumah saja maka itu sudah bisa menghilangkan stres.

8. Meningkatkan Kesuburan
Manfaat skipping bagi wanita adalah selain bisa menurunkan berat badan, juga bisa meningkatkan kesuburan. So, untuk itu tidak ada salahnya bukan jika Anda rutin melakukan olahraga ini karena selain simpel juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Cara Skipping Yang Benar


Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat skipping bagi kesehatan tubuh wanita maupun pria maka dibawah ini saya juga akan memberikan sedikit tips sederhana sebelum Anda melakukan olahraga ini.

1. Pemanasan
Sebelum melaukan skipping maka ada baiknya jika Anda terlebih dahulu melakukan pemanasan agar nantinya Anda bisa terhindar dari masalah kram ataupun cedera. Pemanasan bertujuan agar otot-otot tubuh tidak tegang dan kaget saat nanti Anda melakukan skipping. Anda bisa melakukan pemanasan dengan cara berlari-lari kecil selama 10 menit. Setelah itu baru melakukan skipping.

2. Sesuaikan Panjang Tali
Kemudian satu hal yang tak kalah penting adalah menentukan panjang tali. Pastikan panjang tali yang Anda gunakan ini sesuai dan membuat Anda nyaman ketika melakukan gerakan melompat sehingga nantinya Anda benar-benar bisa melompat dengan sempurna.

3. Gunakan Sepatu
Jangan lupa untuk menggunakan sepatu ketika melakukan skipping untuk mengurangi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Hal ini opsional saja, jika tidak menggunakan sepatu juga tidak apa-apa.

4. Beri Jeda
Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan skipping, istirahatlah apabila tubuh Anda sudah mulai lelah. Setelah keringat keluar banyak maka istirahatlah sebentar dan minum air putih, setelah itu baru silahkan dilanjutkan kembali. Ingat, jangan melampaui batas kekuatan diri Anda karena apabila terlalu dipaksa maka bisa menyebabkan cedera otot.


Itulah sedikit tips bagaimana cara melakukan skipping yang benar serta manfaatnya bagi kesehatan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk melakukan skipping pagi ini ?