11 Manfaat Melon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah melon memliki rasa yang sangat khas dan memiliki kandungan air yang banyak sehingga sangat cocok dikonsumsi disaat cuaca sedang panas. Anda bisa mengkonsumsi buah yang satu ini dengan cara di jus ataupun langsung dimakan, sesuai dengan selera saja. Selain memiliki kandungan air yang banyak, melon juga mengandung berbagai vitamin lainnya seperti seperti vitamin A, C, kolagen, adenosine, senyawa elektrolit dan antioksidan yang mana ini sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Nah, ngomong-ngomong masalah melon di artikel kali ini saya akan membahas mengenai apa saja manfaat dari buah yang satu ini. Penasaran yuk simak saja dibawah ini manfaat lemon bagi kesehatan dan kecantikan.


Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan








Manfaat Melon Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Menyehatkan mata
Bukan hanya wortel yang bagus untuk kesehatan mata tetapi buah melon juga bagus untuk kesehatan mata Anda karena buah yang stau ini juga mengandung vitamin A. Dengan mengkonsumsi satu buah melon setiap hari maka 25 persen kebutuhan vitamin Anda akan terpenuhi. Selain itu, melon juga bagus untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang anak-anak.

2. Mencegah kanker
Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan beresiko pada kematian. Tetapi sebelum penyakit tersebut menyerang Anda, kita dapat mencegahnya hanya dengan mengonsumsi buah melon. Kandungan vitamin pada buah melon terutama karotenoid mampu membuat tubuh lebih kuat untuk melawan serangan kanker.

3. Menangkal radikal bebas
Buah melon sangat kaya akan kandungan antioksidan flavonoid seperti betakaoren, zeaxanthin, lutein dan cryptoxanthin.  Senyawa-senyawa tersebut sangat membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.  Kemampuan senyawa tersebut dapat membantu dalam melindungi usus besar, prostat,  endometrium, dan paru-paru. Cukup dengan mengonsumsi buah melon setiap pagi harinya maka Anda akan terhindar dari masalah berbagai masalah kesehatan tersebut.

4. Menyehatkan kulit
Masalah yang sering terjadi pada kulit adalah kulit kering akibat terkena paparan sinar matahari secara terus-menerus. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan melon sebagai solusinya, kandungan kolagen pada buah ini mampu mempengaruhi integritas struktur sel pada semua jaringan kulit. Senyawa tersebut juga berfungsi dalam mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Dengan rutin mengonsumsi melon, akan membuat kulit tampak lebih halus dan lembab.

5. Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, maka konsumsilah buah melon karena buah ini sangat cocok untuk orang yang ingin menurunkan berad badannya. Hal ini dikarenakan kandungan sodium pada buah melon sangat rendah, tidak hanya itu saja bahkan melon juga  bebas lemak, bebas kolesterol, serta rendah kalori. Selain itu, mengonsumsi melon akan membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi lapar karena kandungan airnya yang sangat tinggi.

6. Mencegah stroke
Buah melon memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh sehingga dapat menjauhkan anda dari resiko terjadinya penyakit stroke. Melon juga buah yang rendah kalori dan lemak, jadi aman dikonsumsi oleh siapapun termasuk orang yang memiliki penyakit diabetes.

7. Mencegah diabetes
Selain mencegah penyakit stroke, buah melon juga berkhasiat mencegah penyakit diabetes ataupun mengatasi penyakit diabetes yang Anda derita. Buah melon mampu mengontrol tekanan darah dan mengatur kadar gula dalam tubuh. Telah disebutkan diatas bahwa melon adalah buah rendah kalori dan rendah lemak yang sangat baik bila dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes. 

8. Baik untuk pencernaan
Kandungan serat dan air yang banyak pada buah melon juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah pada pencernaan nya maka dapat mencoba mengkonsumsi buah melon sebagai solusinya. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung ataupun dapat juga dibuat jus.

9. Mencerahkan wajah
Tidak hanya berkhasiat dalam menangkal beberapa penyakit. Buah melon juga dapat berkhasiat untuk kecantikan tubuh, misalnya mencerahkan wajah. Kandungan air yang ada pada buah melon membuat rasa segar pada tubuh. Ketika Anda menggigit buah melon, air yang terkandung pada buah ini akan membuat kulit menjadi cerah karena membersihkan sel-sel kulit mati secara menyeluruh.

10. Mencegah serangan jantung
Manfaat buah melon selanjutnya dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Kandungan adenosine pada buah ini mampu menghentikan penggumpalan pada peredaran sel darah yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Cara kerja senyawa adenosine ini adalah dengan melancarkan peredaran sel darah merah sehingga tetap normal.

11. Menghilangkan noda hitam atau flek hitam
Buah melon juga dapat menyegarkan wajah sekaligus menghilangkan noda-noda hitam pada kulit wajah Anda. Noda hitam atau flek hitam tersebut dapat diakibatkan karena sering bekerja diluar ruangan dan terpapar sinar UV secara langsung. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menjadikan buah melon sebagai masker wajah. 

Cara yang perlu Anda lakukan sangat simple, pertama pisahkan daging melon dengan kulitnya. Kemudian iris tipis-tipis daging buah melon tersebut, setelah itu balut irisan melon dengan kain kasa atau kain yang tipis. Lalu letakkan pada wajah yang terdapat felk hitam dengan menggosokkannya perlahan-lahan. Diamkan sekitar 15 menit, barulah kemudian Anda bilas wajah dengan menggunakan air bersih dan setelah itu silahkan keringkan wajah Anda dengan handuk bersih.

Baca Juga : Sejuta Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Itulah manfaat lemon bagi kesehatan dan kecantikan yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Bagaimana, apakah Anda mulai menyukai buah yang satu ini mulai dari sekarang ?