7 Buahan Yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

Apakah Anda pernah merasakan pusing-pusing, sering pegal pada daerah pundak dan nyeri pada dada bagian kiri ? jika iya maka Anda harus segera cek kondisi kesehatan pada dokter karena biasanya hal tersebut merupakan salah satu tanda-tanda bahwa kadar kolesterol didalam tubuh Anda sedang tinggi. Seperti yang kita ketahui apabila kadar kolesterol didalam tubuh kita sudah terlalu tinggi maka bisa menyebabkan komplikasi dan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Meskipun demikian tetapi Anda tidak perlu terlalu panik apabila pada saat ini sedang merasakan tanda-tanda diatas karena sebenarnya untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh, kita tidak harus pergi kedokter karena ternyata ada beberapa buah-buahan yang bisa kita manfaatkan agar kadar kolesterol didalam tubuh Anda bisa turun pada batas normal yaitu < 200 mg/dLkita. Buah apa saja itu ? yuk kita simak saja selengkapnya dibawah ini.

Buahan Yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh



Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Buahan


1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan salah satu buahan yang kaya akan vitamin C. Meskipun rasanya sedikit asam tetapi apabila diracik menjadi jus maka akan terasa menyegarkan. Biasanya selain dikonsumsi, jeruk nipis juga sering dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan dijadikan masker wajah untuk menghilangkan jerawat, kusam dan minyak yang berlebihan diwajah.

Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh maka cobalah untuk mengkonsumsi jus jeruk nipis hangat setiap pagi. Hal ini tidak hanya membuat kadar kolesterol didalam tubuh Anda menurun tetapi juga menjadikan badan sehat serta semangat.

2. Mangga
Mangga merupakan salah satu buahan musiman, tetapi meskipun demikian Anda tidak sulit menemukan buah yang satu ini karena kita bisa membelinya dipasar. Mangga mengandung vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan mampu membantu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

Vitamin C pada mangga mampu mencegah kolesterol jahat teroksidasi sehingga dinding pembuluh darah Anda tetap bersih dan bebas dari plak-plak.

3. Alpukat
Apakah Anda gemar mengkonsumsi alpukat ? buah alpukat sangat enak apabila dijus dan saya sangat menyukainya. Ternyata selain enak, alpukat juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.  Salah satu senyawa yang paling menonjol didalam buah alpukat adalah pantotenat, yang mana memiliki peran penting dalam meredam koletserol didarah.

4. Apel
Kemudian buah selanjutnya yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi didalam tubuh adalah buah apel. Seperti yang diketahui bahwa buah apel tidak hanya mengandung vitamin saja tetapi juga beta glucan. Nah, beta glucan inilah yang memiliki peran penting karena ketika didalam tubuh senyawa tersebut berperan dalam mengontrol penyerapan dan produksi kolesterol.

5. Anggur
Buah anggur merupakan termasuk buah yang bisa diandalkan untuk menurunkan kadar koleseterol yang tinggi. Kandungan vitamin dan catechin didalam buah anggur tidak hanya menyehatkan tubuh saja tetapi juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi didalam tubuh kita.

6. Jambu Biji
Jambu biji tidaklah susah kita dapatkan karena mungkin hampir banyak sebagian dari kita yang menanam jambu biji, bahkan dikampung saya sendiri terkadang jambu biji tumbuh di dekat sawah sehingga sangat bebas untuk diambil.

Nah, meskipun murah meriah tetapi jambu biji ini memiliki kandungan likopen  yang mempunyai fungsi untuk membantu mengendalikan produksi kolesterol didalam tubuh.

7. Blueberry
Kemudian terakhir adalah buah blueberry. Buah ini bahkan telah diakui oleh para ahli kesehatan dari Amerika Serikat bahwa blueberry mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi didalam tubuh. Kandungan pterostilbene pada buah blueberry bersifat antioksidan sehingga mampu membantu tubuh lebih sehat dan menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.


Itulah 7 jenis buahan yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi didalam tubuh. Sebenarnya selain buah-buahan, makanan seperti kacang kedelai, kacang-kacangan, ikan salmon, bawang putih, bayam, margarin, teh dan cokelat juga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.