Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Secara Alami dan Mudah



Cara menjaga kesehatan sistem pencernaan
Kesehatan sistem pencernaan tidak boleh disepelekan karena apabila sistem pencernaan ini terganggu maka bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika kita mengkonsumsi suatu makanan maka makanan tersebut akan dicerna oleh lambung dan usus. Lambung dan usus ini bertugas untuk menyerap sari makanan yang telah kita konsumsi dan kemudian sisa olahan nya akan dikeluarkan dari tubuh kita dalam bentuk feses.

Begitu besar peranan serta fungsi lambung dan usus ini bagi sistem pencernaan kita sehingga maka dari itu apabila ingin sistem pencernaan kita selalu sehat dan lancar maka jagalah kesehatan lambung serta usus kita. Bagaimana caranya ? daripada Anda penasaran yuk kita simak saja bagaimana tips menjaga lambung dan usus secara alami agar sistem pencernaan menjadi sehat dibawah ini.


Cara Menjaga Sistem Pencernaan


1. Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Berserat
Kunci pertama agar sistem pencernaan tetap sehat dan lancar adalah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat ini mampu membantu dan memudahkan kerja usus untuk mengeluarkan sisa-sisa olahan sari makanan dalam bentuk feses sehingga BAB Anda menjadi lancar dan tidak keras. Makanan berserat ini bisa Anda dapatkan dari buah alpukat, kacang merah, buncis, kiwi dan masih banyak lagi.

2. Konsumsi Air Putih Cukup
Kemudian tips selanjutnya adalah selalu menjaga cairan didalam tubuh, maka dari itu jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih cukup setiap hari setidaknya 8 gelas dalam sehari. Kekurangan air putih tidka hanya membuat tubuh menjadi dehidrasi tetapi juga membuat sistem pencernaan menjadi kacau dan menyebabkan sembelit.

3. Makan Secara Teratur
Untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat maka Anda harus selalu makan tepat waktu dan jangan sampai telat. Telat makan atau makan yang tidak teratur tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh maupun pencernaan dan membuat lambung terluka, bahkan dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit maag kronis. So, maka dari itu agar lambung Anda tetap sehat maka makanlah secara teratur agar  lambung kita tetap sehat dan sistem pencernaan bisa berjalan lancar.

4. Kunyah Makanan Sedikit Lama
Tips selanjutnya adalah Anda harus membiasakan mengunyah makanan agak sedikit lama. Meskipun terlihat sepele tetapi hal ini bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Ketika kita mengunyah makanan agak agak sedikit lama maka makanan tersebut menjadi lebih halus sehingga dinding lambung tidak terluka dan proses penyerapan makanan juga menjadi lebih lembut. Selain itu, makanan yang dikunyah agak sedikit lama bisa membuat kita terhindar dari peningkatan asam lambung karena sebelumnya sudah dinetralkan oleh air liur.

5. Tinggalkan Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk seperti apa saja yang bisa membuat pencernaan kita menjadi terganggu ? di antaranya adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan pedas,  terlalu banyak mengkonsumsi minuman soda, minuman berkafein dan minuman beralkohol. Anda harus meninggalkan kebiasaan buruk diatas, lebih baik kita perbanyak mengkonsumsi air putih, buah dan sayur saja agar sistem pencernaan tetap sehat.

6. Kendalikan Stres
Siapa sih yang tak pernah mengalami stres ? saya rasa stres merupakan sesuatu yang wajar dan hampir setiap orang didunia ini pasti pernah mengalami yang namanya stres. Tetapi jangan biarkan stres menguasai Anda karena hal ini tidak hanya membuat kita rentan depresi tetapi juga bisa menganggu sistem pencernaan. Maka dari itu kendalikan diri Anda dari stres dan sebisa mungkin jauhi hal-hal yang bisa menyebabkan Anda menjadi stres.

7. Olahraga
Kemudian terakhir yaitu dengan berolahraga. Olahraga merupakan cara paling mudah dan menyenangkan untuk menyehatkan sistem pencernaan. Anda cukup dengan jogging atau olahraga lainnya selama 30 menit dalam sehari maka selain tubuh menjadi bugar, sistem pencernaan kitapun menjadi sehat. So, luangkan lah waktu untuk berolahraga.


Itulah cara menjaga kesehatan sistem pencernaan secara alami dan mudah. Ingat, tubuh yang bugar berawal dari sistem pencernaan yang sehat. So, maka dari itu jangan sepelekan kesehatan lambung dan usus Anda karena kedua organ tersebut mempunyai peran penting dalam sistem pencernaan Anda.