Cara Jitu Agar Nafas Tidak Bau dan Segar Sepanjang Hari

Bau mulut dan nafas tidak sedap sering kali membuat seseorang merasa minder dan tidak percaya diri bahkan terkadang ada beberapa orang yang menarik diri dari pergaulan karena khawatir akan membuat orang-orang disekitarnya menjadi tidak nyaman dengan bau mulutnya. Ya, meskipun bau mulut dan nafas tidak sedap sangat menggangu penampilan dan pergaulan kita tetapi bukan berarti Anda harus diam dan pasrah tetapi carilah solusi agar nafas Anda bisa segar dan tidak bau lagi.

Tips Agar nafas segar dan wangi sepanjang hari


Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui bagaimana cara merawat kesehatan gigi dan mulut agar nafas selalu segar sepanjang waktu. Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya maka tidak perlu khawatir karena sebenarnya untuk membuat nafas menjadi segar sepanjang hari sangatlah simpel asalkan Anda mengerti dan konsisten dalam melakukan perawatan gigi dan mulut. Mau tau caranya agar nafas segar sepanjang hari ? jika iya maka silahkan simak tips dibawah ini

Tips Agar Nafas Segar Setiap Hari


1. Sikat Gigi
Jika Anda ingin terbebas dari bau mulut dan nafas tidak sedap maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin menggosok gigi yaitu pada pagi dan malam hari ketika hendak tidur atau biasakan selalu menggosok gigi sehabis makan.  Mengosok gigi secara rutin dan konsisten setiap hari tidak hanya membuat nafas menjadi segar tetapi juga bisa membuat gigi kita menjadi putih dan bersih.

2. Mouthwash
Mouthwash atau obat kumur sangatlah penting untuk membersihkan gigi dan mulut secara menyeluruh karena seperti yang kita ketahui bahwa terkadang ada beberapa bagian di mulut yang tak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Penggunaan obat kumur ini selain bisa membantu membersihkan kotoran dan bakteri di sela-sela gigi, juga bisa membuat napas kita menjadi segar.

3. Membersihkan Lidah
Banyak orang yang hanya menggosok giginya saja dan terkadang lupa membersihkan lidahnya, padahal kuman penyebab bau mulut juga bisa berkembang dilidah. Nah, maka dari itu ketika Anda menggosok gigi maka jangan lupa untuk membersihkan lidah. Anda dapat membersihkan lidah dengan permukaan ujung sikat gigi (pilih dengan bahan yang lembut) dengan gerakan perlahan agar tidak merusak papila pada lidah

4. Konsumsi Air Putih
Kemudian tips selanjutnya agar nafas tetap segar sepanjang hari adalah jangan biarkan mulut Anda kering sehingga maka dari itu konsumsilah air putih cukup setiap hari. Ingat, selain bisa mencegah bau mulut mengkonsumsi air putih cukup setiap hari juga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

5. Mengunyah Permen 
Mengunyah permen merupakan salah satu cara ampuh dan cepat untuk membuat nafas menjadi segar. Anda bisa mengunyah permen karet ataupun permen mint agar nafas tetap segar sepanjang hari. Namun perhatikan, jangan terlalu sering makan permen karena hal ini malah akan merusak kesehatan gigi Anda. 

6. Hindari Rokok
Tips terakhir yaitu jika Anda ingin nafas segar dan tidak bau maka hindari rokok. Rokok tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh saja tetapi juga bisa membuat mulut Anda menjadi bau, bahkan rokok juga bisa menyebabkan noda kuning pada gigi.


Itulah tips agar nafas segar sepanjang hari yang bisa Anda coba ikuti. Bagaimana mudah bukan ? kuncinya adalah konsisten dan rajin dalam membersihkan dan menyikat gigi setiap hari. Baca Juga : Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat dan Kuat