Cara Alami Untuk Mengobati Luka Bakar Ringan

Luka bakar bisa menimpa siapa saja baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa sehingga maka dari itu kita dituntut untuk selalu waspada apabila sedang melakukan kegiatan yang berdekatan dengan api. Luka bakar yang paling sering terjadi dan dialami kebanyakan orang adalah luka bakar ringan yang disebabkan karena hal-hal sepele seperti terkena percikan minyak panas saat sedang memasak, tanpa sengaja menyentuh wajan panas atau terkadang bisa juga karena kena knalpot motor.

Pertolongan pertama pada luka bakar ringan

Nah, meskipun luka bakar yang diakibatkan oleh hal-hal diatas terbilang ringan tetapi tetap saja kita harus mengobati luka bakar ringan tersebut karena apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka bisa saja luka bakar yang tadinya ringan bisa berubah menjadi parah akibat tidak dirawat dengan baik.  Maka dari itu cobalah ikuti beberapa tips dibawah ini mengenai bagaimana cara mengobati luka bakar ringan serta menghilangkan bekas luka tersebut.

Cara Mengobati Luka Bakar Ringan Secara Alami


1. Cuci Luka Bakar dengan Air Mengalir
Pertolongan pertama ketika Anda mengalami luka bakar ringan adalah dengan cara mencuci luka tersebut dengan air yang mengalir selama 10 menit untuk mendinginkan kulit dari rasa panas akibat terbakar. Perhatikan, tidak usah menggunakan es batu karena hal ini hanya akan memperdalam luka bakar Anda. 

2. Lidah Buaya
Kemudian setelah itu Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi luka bakar ringan tersebut. Kandungan saponin, tanin, flavanoid dan polifenol pada lidah buaya ini mampu mencegah iritasi pada kulit yang terbakar serta mampu membantu menyembuhkan luka terbuka dengan cepat. Selain itu, penggunaan lidah buaya ini juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka pada kulit sehingga kulit kita menjadi bersih dan mulus kembali.

3. Air kelapa dan Kunyit
Ramuan kunyit dan air kelapa juga bisa di andalkan untuk mengatasi lukaa bakar ringan karena kedua bahan ini memiliki fungsi untuk mendinginkan serta mencegah timbulnya bekas luka melepuh.  Cara membuat ramuan tradisional ini sangatlah mudah yaitu haluskan saja bubuk kunyit dengan kapur sirih, kemudian tambahkan air kelapa. Setelah itu oleskan ramuan tadi pada luka bakar ringan akibat terkena minyak panas ataupun air panas. Cara ini sangat ampuh dan membuat luka bakar ringan di kulit Anda akan membaik dan tidak meninggalkan bekas.

4. Kentang
Jika Anda merasa repot untuk membuat ramuan kunyit dan air kelapa maka untuk pertolongan pertama bisa Anda lakukan dengan menggunakan kentang mentah.  Caranya yaitu potong tipis kentang mentang lalu tempelkan pada luka bakar ringan Anda. Kentang ini memiliki sifat anti inflamasi  serta mampu mendinginkan kulit yang terbakar.

5. Madu
Terakhir adalah dengan menggunakan madu. Bahan alami yang mempunyai sejuta manfaat ini tidak hanya mampu mengobati luka bakar tetapi juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka bakar ringan.  Oleskan saja madu pada kulit yang terbakar dan diamkan saja hingga kulit menjadi dingin.


Itulah cara mengatasi luka bakar ringan yang diakibatkan oleh hal-hal sepele seperti terkena minyak panas, air panas atau tanpa sengaja menyentuh wajan panas.  Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu kita. Baca Juga : 4 Cara Alami Untuk Menghilangkan Korengan Beserta Bekasnya