Cara Mengatasi Minyak Berlebihan Pada Hidung

Wajah berminyak merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh kebanyakan orang terutama remaja. Minyak yang ada diwajah sebenarnya tidaklah selalu buruk karena memiliki fungsi yang luar biasa untuk kulit wajah Anda yaitu diantaranya untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah iritasi pada kulit dan dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Meskipun minyak diwajah memiliki banyak manfaat namun yang menjadi permasalahan adalah apabila produksi minyak diwajah berlebihan sehingga membuat wajah kita menjadi kusam dan mudah berjerawat.

Cara mengatasi hidung berminyak dengan mudah

Nah ngomong-ngomong masalah minyak di wajah biasanya area pada wajah yang paling sering berminyak adalah dagu, pipi dan hidung. Minyak yang berlebihan pada hidung ini bisa menimbulkan berbagai macam masalah seperti komedo sehingga maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan wajah agar minyak yang ada pada wajah bisa hilang.

Berikut cara mengatasi minyak berlebihan pada hidung agar Anda terbebas dari komedo dan masalah lainnya. 

1. Membersihkan Wajah
Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja adalah rutin membersihkan wajah setiap hari dan usahakan untuk hasil maksimal maka gunakan pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda. Namun perhatikan jangan terlalu sering membersihkan wajah karena hal tersebut bisa membuat produksi minyak diwajah semakin meningkat dan membuat hidung Anda semakin di penuhi dengan minyak.

2. Scrub Wajah
Kemudian tips selanjutnya adalah dengan menggunakan scrub wajah yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami atau jika ingin lebih praktis maka silahkan beli di toko karena memang pada saat ini sudah banyak toko yang menjual scrub instan. Gunakan scrub tersebut terutama untuk bagian hidung setidaknya sekali seminggu agar minyak serta komedo yang ada di hidung bisa terangkat dan hilang.

3. Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah minyak berlebihan yang ada pada wajah maupun hidung Anda. Untuk cara penggunaannya sendiri sangat mudah yaitu kita hanya menyiapkan satu buah jeruk nipis segar dan kemudian belah menjadi dua, lalu setelah itu peras dan teteskan air perasaan jeruk nipis tadi pada kapas. Setelah itu gosokan pada hidung kapas yang telah di tetesi air perasaan jeruk nipis tadi. Jika Anda melakukan cara ini rutin setiap hari maka tidak hanya minyak yang akan berkurang tetapi kotoran yang menempel pada hidung juga terangkat. Baca Juga : Cara Mudah Menghilangkan Minyak Di Wajah Menggunakan Jeruk Nipis

4. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel memiliki banyak khasiat untuk kesehatan maupun kecantikan kita namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui akan hal ini sehingga tak heran jika jarang orang yang mengandalkan cuka apel untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan dan kesehatan. Nah, tahukah Anda jika ternyata cuka apel ini juga bermanfaat untuk mengatasi minyak berlebihan pada hidung. 

Untuk cara penggunaannya sendiri juga sangat simpel yaitu campurkan cuka apel dengan air secukupnya dan kemudian celupkan kapas, lalu gosokan pada hidung Anda dan diamkan selama 15 menit lalu baru dibilas dengan air bersih. Apabila dilakukan secara rutin maka cara ini tidak hanya menghilangkan minyak saja tetapi juga bisa membantu mengurangi komedo dan melindungi kulit agar tidak mudah berjerawat.

Itulah cara mengatasi minyak berlebihan di hidung yang bisa Anda coba dirumah. Meskipun terlihat sepele tetapi minyak berlebihan bisa membuat wajah Anda rentan mengalami berbagai masalah kulit sehingga secepat mungkin kita harus mengatasi minyak berlebihan pada wajah.  Baca Juga : Cara Menghilangkan Minyak di Wajah