4 Tips Sedehana Agar Melahirkan Bayi Cerdas

Tips Melahirkan Bayi Cerdas
Memiliki anak yang cerdas dan pintar adalah suatu kebanggan tersendiri bagi orang tua dan proses mencerdaskan anak bisa kita mulai sejak masih didalam kandungan. Mungkin bagi sebagian orang tua hal ini terdengar sangat aneh karena mana mungkin bayi yang masih ada didalam kandungan bisa menjadi cerdas, padahal kita belum bisa berkomunikasi secara langsung. Ya, walaupun janin didalam kandungan belum bisa berkomunikasi secara langsung tetapi kita bisa memberikan rangsangan atau stimulasi dari luar agar proses perkembangan otaknya optimal karena perkembangan otak setiap bayi pasti akan berbeda, tergantung stimulasi yang ada di lingkungan sekitarnya.

Nah, pertanyaanya stimulasi atau kegiatan apa saja yang harus kita lakukan agar ketika melahirkan nanti bisa memiliki bayi yang cerdas ? Baiklah jika Anda penasara maka silahkan simak tulisan dibawah ini.

Tips Agar Melahirkan Bayi Cerdas Secara Alami


1. Perhatikan Asupan Makanan
Langkah pertama yang harus kita perhatikan jika ingin janin didalam kandungan tetap sehat dan cerdas ketika lahir nanti adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi ketika menjalani masa kehamilan. Perkembangan otak bayi selama 9 bulan ketika berada di dalam kandungan sangatlah cepat sehingga itulah mengapa kita harus dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat karena ini sangat mempengaruhi tumbuh kembang si janin di dalam kandungan.

Nah, Apabila Anda ingin anak pintar sejak di dalam kandungan maka rajinlah mengkonsumsi makanan ayng tinggi protein seperti daging, dan juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, B, C yang terdapat pada buahan dan sayuran. Kemudian jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti Omega 3, Asam Folat, DHA, AA, Zat besi, vitamin B1 dan B6. Sekedar tambahan, jauhi makanan yang berpengawet karena sangat berbahaya bagi kesehatan otak si janin.

2. Ajak Bayi Anda Ngobrol
Kemudian selanjutnya agar anak yang Anda lahirkan cerdas dan pintar maka sering-seringlah berkomunikasi ketika si bayi masih didalam kandungan. Cobalah berkomunikasi setiap hari terutama 10 minggu sebelum melahirkan karena pada saat itu bayi sudah bisa mendengar apa yang Anda ucapkan. Selain itu, berikan sentuhan pada perut ibu hamil karena bayi sangat sensitif dengan sentuhan. Cara ini sama saja dengan mengajak anak untuk bermain sehingga bisa merangsang pertumbuhan otaknya.

3. Musik
Musik tidak hanya bisa di nikmati oleh orang yang sudah lahir tetapi para bayi yang masih berada didalam kandungan juga sangat suka mendengar suara musik, bahkan banyak penelitian mengatakan bahwa musik bisa membantu perkembangan otak bayi ketika masih didalam kandungan. Tidak hanya itu, musik juga bisa membantu tumbuh kembang bayi serta membantu perkembangan kemampuan berkomunikasi mereka. So, tidak ada salahnya jika sesekali Anda memainkan alat musik atau mendengarkan musik pada bayi yang masih ada didalam kandungan.

4. Hindari Stres
Pada masa kehamilan sebaiknya Anda menghindari stres karena hal ini juga akan berpengaruh buruk pada bayi yang ada didalam kandungan Anda. Wanita yang gampang stres pada masa hamil sangat rentan untuk melahirkan anak yang cemas karena hormon stres ini mempengaruhi perkembangan saraf otak pada bayi sehingga kemungkinan besar IQ anak Anda nanti juga akan rendah. Selain itu, stres berlebihan saat hamil juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur dan berat badan bayi juga menjadi rendah.

Itulah 4 tips melahirkan bayi cerdas. Bagaimana mudah bukan ? so, rencanakan kehamilan Anda dan lakukan yang terbaik buat buah hati tercinta. Baca Juga : 6 Tips Agar Melahirkan Bayi Normal