5 Kesalahan Saat Mencatok Yang Mengakibatkan Rambut Rusak

Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga karena apabila rusak maka bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Nah biasanya rambut rusak tidak hanya disebabkan karena kesalahan dalam memilih produk-produk perawatan rambut tetapi penggunaan catok rambut yang salah  juga bisa mengakibatkan rambut menjadi rusak dan bercabang.

bahaya catok-rambut rusak akibat catok

Berikut 5 kesalahan saat mencatok yang mengakibatkan rambut rusak. Penasaran ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Mencatok Saat Rambut Basah
Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mencatok rambut dalam keadaan basah. Hal ini sebisa mungkin harus dihindari karena bisa mengakibatkan folikel-folikel pada rambut menjadi rusak dan lama kelamaan akan menjadi rapuh. Selain itu, sebelum mencatok usahakan selalu membersihkan rambut karena rambut yang kotor dan berminyak sangat sulit untuk dicatok.

2. Terlalu Panas
Biasanya demi mendapatkan hasil yang maksimal, seseorang akan menaikan suhu catokan hingga menjadi terlalu panas. Jika anda berpikir suhu tinggi bisa menghemat waktu dan membuat rambut anda cepat lurus maka pikirkan lagi karena hal ini justru membuat rambut anda menjadi. Sesuaikan suhu dengan ketebalan rambut anda agar selain mendapatkan hasil yang maksimal, tetapi juga bisa membuat rambut anda tetap sehat.

3. Melupakan Heat Protector Serum
Kesalahan ketiga yang banya dilakukan oleh orang ketika mencatok adalah sering melupakan Heat Protector Serum. Pengunaan Heat Protector Serum bisa melindungi rambut anda agar tidak terekspos suhu tinggi secara langsung. Jika anda tidak punya Heat Protector Serum maka bisa juga menggunakan vitamin rambut agar batang rambut terlindung dari panas.

4. Tidak Menyisir Rambut
Hal selanjutnya adalah tidak merapikan rambut terlebih dahulu ketika hendak mencatok. Biasakan untuk menyisir rambut terlebih dahulu agar tidak ada rmabut yang terbelit, selain itu Anda juga tidak perlu untuk menjepit rambut dengan catok berulang kali karena ini bisa membuat rambut menjadi rusak.

5. Lupa Membersihkan Catok
Kesalahan mencatok yang bisa berpotensi merusak rambut anda selanjutny adalah jarang membersihkan catok. Kotoran yang menumpuk pada lempengan catok bisa merusak rambut, untuk itu usahakan agar selalu membersihkan alat catok anda sebelum menggunakannya agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Nah walaupun pada saat ini catokan sudah banyak digunakan oleh wanita diseluruh dunia namun sebaiknya Anda tidak perlu terlalu sering untuk mencatok rambut karena ini tidak baik bagi kesehatan rambut kita. Sekedar tambahan, cara merawat rambut agar cepat panjang dan tidak rontok juga bisa kita lakukan dengan bahan alami sehingga tidak perlu mencatok rambut agar terlihat lebih panjang dan lurus.