Cara Merawat Rambut Kering Dan Kasar Secara Alami dan Cepat

Cara Merawat Rambut Kering dan Kasar

Cara merawat rambut kering dan kasar memanglah tidak mudah, butuh kesabaran serta ketelatenan didalam melakukan perawatan. Semahal apapun perawatan rambut yang Anda beli, tetap saja permasalahan rambut kering dan kasar yang Anda alami tidak bisa teratasi dengan begitu saja apalagi dalam waktu singkat.

Belum lagi produk perawatan rambut yang berharga mahal tersebut ternyata tidak cocok untuk jenis rambut Anda maka tentu saja ini akan menjadi mubazir, sudah mengeluarkan uang yang banyak dan berharap agar permasalahan rambut bisa teratasi dengan cepat, eh ternyata malah sebaliknya. Produk yang kita beli tidak bisa kita gunakan karena justru membuat rambut menjadi semakin kering dan kasar.

Nah, daripada Anda membeli produk-produk yang berharga mahal dan belum tentu cocok untuk jenis rambut Anda maka tidak ada salahnya jika mencoba bahan tradisional berikut ini untuk mengatasi rambut kering dan kasar yang Anda alami.

Tidak perlu khawatir karena kita menggunakan bahan alami maka sudah pasti sangat aman dan tidak akan merusak rambut Anda. Justru dengan pemakaian teratur bisa mengembalikan keindahan rambut Anda lagi.

Cara Merawat Rambut Kering dan Kasar 


1. Minyak Jojoba
Minyak jojoba sudah dikenal sejak zaman dahulu bermanfaat sebagai obat tradisional yang ampuh untuk kulit dan rambut, bahkan pada saat ini minyak jojoba sudah dijadikan sebagai bahan dasar pembuat kosmetika.

Nah, minyak jojoba ini seperti sebum yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Untuk pengetahuan kita bahwa salah satu penyebab rambut menjadi kering dan kasar adalah berkurangnya produksi sebum di akar rambut sehingga untuk mengatasi hal ini kita perlu menggunakan minyak jojoba sebagai alternatif untuk menggantikan sebum yang berkurang pada tubuh kita.

Cara pemakaian minyak jojoba untuk mengatasi rambut kering dan kasar adalah pertama hangatkan minyak jojoba sebanyak dua sendok makan kemudian pijatkan kepada rambut anda mulai dari akar hingga ujung agar hasilnya nanti maksimal

2. Madu
Siapa yang tak kenal dengan madu ? sejak zaman dahulu madu sudah dikenal memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia, bahkan sampai saat ini madu tetap digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan. Nah, kali ini kita akan membahas manfaat madu untuk mengatasi masalah rambut berserta cara membuatnya.

Cara pemakaian madu untuk mengobati rambut yang kering dan kasar adalah pertama siapkan madu murni lalu oleskan kepada rambut secara merata agar hasilnya bisa maksimal. Masker madu ini anda pakai 30 menit sebelum mandi dan lakukan secara rutin dan teratur maka anda akan bisa rasakan perbedaannya yaitu rambut lebih halus, lembab dan sehat.

Selain dijadikan masker tidak ada salahnya apabila anda juga ikut mengkonsumsi madu sehingga perbaikan tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam.

3. Mayones
Mayones bisa dikatakan belum terlalu populer bagi masyarakat Indonesia sehingga masih banyak yang belum mengetahui manfaatnya. Jika selama ini mayones hanya dijadikan campuran untuk perasa pada makanan tetapi kali ini kita akan membahas mengenai manfaat mayones untuk mengatasi rambut yang kering dan kasar.

Cara pemakaian mayones untuk mengatasi rambut yang kering dan kasar adalah pertama tentu saja siapkan mayonesnya. Setelah itu oleskan mayones pada seluruh rambut anda secara merata yaitu dijadikan seperti masker, biarkan selama 25 menit baru sesudah itu segera bilas dengan air bersih. Kandungan protein dan minyak alami pada mayones mampu membuat rambut anda menjadi lembut sekaligus tidak kering.

4. Kulit Apel
Buah apel memiliki banyak manfaat bagi manusia sehingga tak heran apabila ada pepatah yang mengatakan bahwa memakan satu buah apel satu hari sama dengan memperpanjang usia anda. Hal tersebut tidaklah salah karena buah apel memiliki manfaat sebagai anti kanker, penurun kolesterol dan bisa sebagai untuk kecantikan. Nah ternyata selain itu, kulit buah apel juga bermanfaat untuk mengatasi rambut yang kering dan kasar.

Cara pemakaian kulit apel untuk mengatasi rambut kering dan kasar adalah pertama siapkan satu buah apel segar kemudian kupas kulitnya. Kulit apel yang masih segar tersebut lumatkan hingga halus dan gunakan untuk keramas, untuk hasil maksimal anda bisa mengulanginya seminggu sekali.

5. Gunakan Kondisioner Tanpa Bilas
Penggunaan kondisioner juga sangat membantu anda untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak kering dan kasar. Pilihlah kondisioner alami tanpa bilas yang sesuai dan cocok, seperti minyak zaitun, minyak urang-aring atau minyak kelapa.

Kondisioner sangat membantu rambut anda sehingga terbebas dari efek buruk akibat polusi dan sinar matahari sehingga rambut anda selalu tampak halus sekaligus sehat sepanjang hari walaupun sering beraktivitas diluar rumah. Memang masalahnya kondisioner alami seperti diatas sudah tergantikan dengan beberapa produk lainnya yang lebih modern namun yang harus digaris bawahi adalah bahwa kondisioner tersebut alami sehingga aman tanpa efek samping apapun.

Penyebab Serta Tips Mencegah Rambut Kering dan Kasar 

Penyebab Rambut Kering Dan Kasar

1. Sinar Matahari 
Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan tubuh tetapi pada waktu-waktu tertentu justru sinar matahari tidak bagus untuk kesehatan terutama untuk rambut anda biasanya antara pukul 12.00-15.00 siang adalah waktu yang harus anda hindari karena cuaca yang terik bisa membuat rambut menjadi rusak dan kering sehingga lama kelamaan akan menjadi kasar.

Untuk itu hindari keluar rumah pada jam-jam tersebut, jika memang terpaksa maka usahakan untuk menggunakan pelindung kepala untuk penangkal agar sinar matahari tidak tertuju langsung kepada rambut anda

2. Salah Memilih Produk Perawatan Rambut
Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat ini begitu banyak sekali produk-produk perawatan rambut yang dijual bebas dipasaran. Nah, tugas kita sebagai konsumen harus jeli dan pintar-pintar dalam memilih produk perawatan rambut apa yang cocok untuk jenis rambut kita karena jika salah memilih maka bukan tidak mungkin malah akan membuat rambut anda menjadi kering dan kasar.

Untuk itu bacalah dulu sebelum membeli produk-produk perawatan rambut, jangan hanya tergiur oleh iklan yang belum tentu benar dan bagus hasilnya. Be smart !

3. Berenang
Siapa sangka apabila kegiatan berenang juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan kasar. Air dikolam renang biasanya mengandung kaporit yang tentu saja tidak bagus untuk kesehatan rambut anda bahkan apabila tidak dilakukan perawatan ekstra setelah berenang maka rambut akan menjadi rusak. Untuk itu usahakan untuk segera membilas rambut anda dengan air bersih setelah berenang, gunakan shampo dan kondisioner agar rambut anda tidak kering dan kasar setelah berenang.

4. Pengering Rambut
Terlalu sering menggunakan pengering rambut juga tidak bagus untuk kesehatan rambut anda karena tanpa disadari hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi kering serta kasar. Terlalu sering menggunakan pengering rambut akan menghilangkan kelembaban rambut, so pakailah seperlunya saja.

5. Penyakit
Selain hal diatas ternyata beberapa penyakit juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan rambut menjadi kering adalah anoreksia nervosa yaitu bisa membuat tubuh menjadi kekurangan vitamin mineral dan nutrien penting sehingga menyebabkan kesehatan rambut anda menurun.

Itulah cara merawat rambut kering dan kasar secara alami dan cepat. Walaupun sedikit repot namun setidaknya hasil yang didapat akan memuaskan, bahkan selain itu penggunaan bahan-bahan alami lebih terjamin keamanannya.