Cara Merawat Kesehatan Agar Panjang Umur Ala Orang Jepang

Rahasia panjang Umur Ala Orang Jepang
Ketika berulang tahun, ada satu doa yang selalu dipanjatkan atau diminta oleh hampir kebanyakan orang. Mereka sangat berharap jika dirinya diberi kesehatan serta umur yang panjang oleh Tuhan agar tetap bisa menikmati indahnya hidup didunia ini.


Namun sayangnya terkadang harapan mereka tersebut berbanding terbalik dengan apa yang dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Semua orang mengetahui jika berdoa saja tidak akan bisa membuat Anda panjang umur, seharusnya doa diringi dengan gaya hidup yang sehat seperti rajin melakukan olahraga dan pintar-pintar mengatur pola makan.

Seharusnya kita belajar dari orang-orang Jepang mengenai hidup sehat. Lihatlah bagaimana masyarakat di negara matahari terbit tersebut, mereka masih tetap sehat serta bugar di usia yang sudah tidak muda lagi. Hal ini bukanlah mengada-ada, bahkan dunia mengakui jika Jepang adalah negara yang memiliki penduduk dengan umur terpanjang.

Anda pasti penasaran kan dengan rahasia panjang umur ala orang Jepang ? berikut dibawah ini setidaknya ada beberapa tips bagaimana cara orang Jepang merawat kesehatan agar bisa memiliki umur yang panjang

Tips Panjang Umur Ala Orang Jepang


1. Mengkonsumsi Sayuran
Rahasia yang pertama yaitu orang-orang Jepang gemar mengkonsumsi sayuran. sayuran merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin dan protein yang baik bagi tubuh sehingga tak heran banyak pakar yang menganjurkan untuk mengkonsumsi sayuran setiap hari agar asupan nutrisi yang masuk didalam tubuh seimbang.

So, perbanyakan mengkonsumsi sayuran karena ini merupakan salah satu rahasia mengapa orang Jepang memiliki usia yang panjang.

2. Mengontrol Makanan
Kemudian rahasia selanjutnya agar memiliki umur panjang ala orang Jepang adalah mampu mengontrol makanan. Bagi orang Jepang agar tetap sehat dan panjang umur mereka justru mengonttrol makanannya dan mereka akan berhenti ketika perut sudah terisi dan tidak menunggu kenyang.

Orang Jepang memegang prinsip “hara hachi bu” yang artinya “makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian”.

3. Mengolah Makanan Secara Sederhana
Rahasia sehat dan panjang umur orang Jepang selanjutnya adalah cara mereka mengolah makanan yaitu hanya sederhana misalnya direbus, dipanggang dan ditumis sebentar saja. Jika biasanya sebagian orang didunia ini memasak membutuhkan waktu yang agak lama namun bagi orang Jepang cara memasak mereka hanya sebentar saja sehingga kandungan didalam makanan tidak hilang atau berkurang.

4. Mengunyah Makanan Secara Perlahan
Orang Jepang tidak suka makan terburu-buru, mereka biasanya akan mengunyah makanan secara perlahan. Kebiasaan sepele seperti inilah yang membuat mereka bisa memiliki umur panjang. Mereka percaya bahwa dengan mengunyah makanan secara perlahan maka ada jeda antara perut yang sudah kenyang dan sinyal penghantar rasa kenyang ke otak sehingga membuat kita tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan karena merasa cepat kenyang.

Para ahli percaya, dibutuhkan waktu 20 menit untuk otak mencerna sinyal bahwa seseorang sudah kenyang. Maka ketika orang makan terlalu cepat, tubuh tidak punya cukup waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak sehingga Anda akan terus makan sampai habis dan mengonsumsi kalori lebih dari yang dibutuhkan.

5. Lebih Suka Jalan Kaki Daripada Berkendara
Nah yang terakhir adalah mengapa orang Jepang panjang umur adalah mereka lebih suka jalan kaki daripada berkendara karena hal ini selain hemat dan menghindari kemacetan tetapi juga menyehatkan tubuh apalagi bagi mereka yang super sibuk dan tidak sempat olahraga maka cara ini merupakan pilihan yang tepat.

Itulah bagaimana rahasia panjang umur ala orang Jepang. Anda bisa meniru kebiasaan-kebiasaan baik orang Jepang tersebut agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga dan bisa memiliki umur yang panjang.