Cara Mencegah Keriput Sejak Dini di Usia Muda

Cara Mencegah Keriput Sejak Dini di Usia Muda
Setiap orang tentunya pasti akan mengalami penuaan, adapun tanda-tanda penuaan tersebut ditandai dengan munculnya kerutan, garis-garis halus hingga keriput pada wajah. Anda tidak perlu terlalu khawatir berlebihan memikirkan hal ini karena setiap orang nantinya pasti akan mengalami penuaan, yang patut Anda takuti yaitu apabila penuaan tersebut datang disaat usia Anda masih muda.


Misalnya, di usia Anda yang berusia 17 tahun tiba-tiba saja muncul kerutan atau keriput diwajah. Hal ini bisa dikatakan sesuatu yang tidak wajar, itu artinya Anda mengalami penuaan dini. Penuaan dini ini salah satu momok yang paling ditakuti oleh kebanyakan wanita karena membuat wajah kita terlihat lebih tua dibandingkan usia kita yang sebenarnya.

Tentu saja bermacam-macam hal yang bisa menyebabkan mengapa Anda mengalami penuaan dini, seperti munculnya keriput atau kerutan pada wajah. Bisa saja faktor penyebabnya adalah karena akibat gaya hidup Anda yang tidak sehat atau juga bisa disebabkan karena penggunaan kosmetik yang salah.

Nah, Anda pasti tidak mau bukan apabila kulit wajah menjadi keriput di usia muda ? maka dari itu silahkan simak beberapa tips dibawah ini bagaimana cara mencegah keriput diwajah sejak dini di usia muda.

Cara Mencegah Kulit Keriput Pada Wanita Usia Muda


1. Hindari Alkohol
Apakah anda gemar mengkonsumsi minuman beralkohol ? jika iya maka sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang karena selain tidak baik bagi kesehatan, mengkonsumsi alkohol juga bisa membuat kulit anda menjadi cepat keriput. Alkohol bisa menyebabkan kulit anda menjadi dehidrasi sehingga lama kelamaan akan mengurangi elasitas pada kulit yang pada akhirnya akan membuat kulit menjadi keriput.

2. Perhatikan Posisi Tidur
Posisi tidur yang tidak benar ternyata juga bisa menjadi pemicu kulit anda menjadi keriput. Mungkin anda merasa heran kenapa hal ini bisa terjadi ? tahukah anda bahwa posisi tidur yang menyamping membuat wajah akan bergesekan dengan bantal, nah apabila hal ini berlangsung setiap malam bisa anda bayangkan bagaimana tersiksanya kulit anda. Untuk itu sebagai alternatif maka tidurlah dengan posisi terlentang untuk meminimalisir timbulnya keriput pada wajah.

3. Kebiasaan Menarik Kulit
Menarik atau mencubit kulit terlalu sering juga merupakan salah satu penyebab kulit keriput sehingga anda disarankan menghentikan kebiasaan buruk ini. Walaupun tampak sepele ternyata hal ini bisa mempercepat timbulnya kerutan pada wajah, Kulit yang terlalu sering ditarik akan membuat elasitasnya menurun.

4. Make Up
Make up merupakan suatu keharusan yang tidak bisa dihindari oleh kaum wanita karena hal ini bisa membuat mereka merasa percaya diri karena terlihat lebih cantik. Namun penggunaan make up yang salah tidak hanya membuat kulit anda menjadi kusam tetapi juga bisa membuat anda terlihat lebih tua, apalagi ketika hendak tidur tidak pernah membersihkan make up diwajah maka kulit anda akan cepat menua dan akhirnya timbul kerutan.

5. Memencet Jerawat
Terkadang beberapa orang sering kali memencet jerawat mereka dengan alasan biasa cepat kempes. Padahal cara tersebut sangatlah tidak dianjurkan karena memencet jerawat dapat membuat jerawat tersebut meradang hingga akan menyebabkan munculnya kembali jerawat baru.

Selain bisa menimbulkan jerawat baru, memencet jerawat ternyata juga tidak baik untuk kulit wajah Anda karena kebiasaan buruk yang satu ini juga bisa menyebabkan timbulnya kerutan pada wajah anda. Apabila kebiasaan memencet jerawat ini terus Anda lakukan maka jangan kaget jika nanti kulit wajah Anda akan lebih cepat keriput.

6. Merokok
Merokok biasanya tak hanya dilakukan oleh para lelaki tetapi ada juga sebagian wanita yang merokok, padahal mereka sudah tahu bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan tubuh dan merupakan penyebab terbesar kanker paru-paru. Nah, selain berbahaya bagi kesehatan ternyata merokok juga di yakini sebagai penyebab kulit keriput, bahkan untuk membuktikan hal ini para ilmuwan sampai melakukan penelitian dan hasilnya memang benar seseorang yang tidak merokok akan terlihat segar bugar dan awet muda dan sedangkan seorang perokok sebaliknya.

7. Permen Karet
Mengunyah permen karet memang mengasyikan karena bisa membuat nafas menjadi segar. Namun kebiasaan mengunyah permen karet ini berdampak buruk bagi kulit wajah anda karena tanpa disadari bisa menyebabkan kerutan di area mulut bagian bawah dan masalah lain dalam struktur mulut.

8. Pola Makan
Untuk mencegah kulit keriput pada wanita usia muda maka hal yang harus anda perhatikan adalah makanan. Seperti kata pepatah “apa yang anda makan menentukan siapa anda”, hal tersebut memang benar adanya sehingga perhatikan pola makan anda agar asupan nutrisi dan vitamin yang masuk kedalam tubuh tetap seimbang.

9. Olahraga
Dan yang terakhir untuk mencegah kulit keriput sejak dini adalah dengan berolahraga. Sempatkanlah setidaknya 30 menit dalam sehari untuk berolahraga agar tubuh tetap sehat, bugar dan andapun selalu terlihat awet muda.

Nah itulah cara mencegah kulit keriput sejak dini. Hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan wajah Anda menjadi cepat keriput. Dengan perawatan wajah yang dimulai sejak dini maka mudah-mudahan hingga tua nanti wajah Anda tetap cantik dan menawan.